Cara Menanam Kurma di Indonesia

Cara Menanam Kurma di Indonesia

Siapa yang tidak mengenal buah yang identik dengan bulan suci Ramadhan? Ya, kurma adalah salah satu buah kesukaan Nabi Muhammad SAW yang berasal dari negara Timur Tengah seperti Arab. Meskipun tidak selalu cocok untuk ditanam di Indonesia, berikut informasi cara menanam kurma.

1. Persiapan Pembibitan

Hal yang pertama kali perlu disiapkan adalah tentu saja bibit. Ada persiapan untuk pembibitan bibit kurma ini yakni dengan melalui perkecambahan. Pastikan kamu mendapatkan bibit yang berkualitas baik sehingga ketika menghasilkan nantinya juga akan berbuah yang baik pula untuk dipanen.

Beberapa bibir unggul kurma adalah seperti kurma ajwa, kurma khalas, deglet nour, khenaizi, zahidi, medjool dan juga kurma khadrawi. Sedangkan jenis kurma sakari, silaj, bahri dan sekki merupakan jenis kurma yang berhasil dikembangkan dan mudah ditemukan di Indonesia.

2. Pemindahan Ke Dalam Pot

Setelah proses perkecambahan kurma sukses terjadi, langkah selanjutnya untuk cara menanam kurma adalah dengan memindahkannya ke pot atau polybag. Pemindahan ini sebaiknya dilakukan setelah 14 hari proses perkecambahan dengan ciri-ciri tertentu.

Ciri tersebut seperti tunas dan akar telah mencapai panjang 5 hingga 10 cm, setelah nantinya kurma telah mencapai tinggi 20 hingga 30 cm maka bibit dapat dipindahkan ke media tanam yang lebih luas. Pahami habitat tanaman kurma sehingga pertumbuhannya optimal.

3. Pemeliharaan dan Pemindahan Bibit

Cara terakhir sebelum kamu tinggal menunggu buah kurma yang keluar adalah dengan memindahkan bibit dengan ikurna 20 sampai 30 cm ke media tanam yang lebih luas. Beri jarak yang pas untuk penanaman dan juga pahami lingkungan tanamnya sehingga dapat tumbuh optimal.

Setelah perawatan yang cukup, pohon kurma akan siap berbuah setelah mengalami penyerbukan. Penggunaan pupuk serta pemberian air yang cukup bisa dilakukan hanya saja jangan sampai berlebihan untuk menjaga kondisi lingkunagnnya yang sesuai dengan habitat aslinya yang ekstrim.

Nah itulah beberapa langkah singkat untuk cara menanam kurma yang mungkin kamu tertarik untuk mencobanya. Kira-kira apakah kamu tertarik untuk membuka lahan untuk berkebun kurma? Jika iya, lakukan riset lebih mendalam sebelum mencobanya. Semoga sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *