Bumi Tanpa Pohon, Apa Jadinya?  

Bumi Tanpa Pohon, Apa Jadinya

Beberapa waktu lalu masyarakat dunia digemparkan dengan kebakaran hutan Amazon dan di Indonesia sendiri juga sering terjadi kebakaran hutan seperti di Riau. Puluhan hingga ratusan ribu pohon terbakar akibat kebakaran ini, lalu pernahkan berpikir apa jadinya bumi tanpa pohon?

Berikut ini ada beberapa dampak mengerikan yang akan terasa apabila hutan yang mana tempat pepohonan berada dibakar habis atau bahkan digunduli oleh manusia. Tentu saja dengan mengetahui dampaknya kita harus lebih waspada dengan isu ini.

1. Tidak Ada Resapan Air

Tanah longsor dan juga banjir adalah dampak ringan dari hilangnya pepohonan hijau. Ketika hujan turun, akar pohon menyerap air dan juga mengikat tanah agar tidak terjadi longsor, sekitar 60 hingga 80 persen air itu diserap hutan sehingga bisa dibayangkan apabila hutan sudah gundul.

2. Tidak Ada Penyimpanan Air

Masih berkaitan dengan poin pertama, selain tidak adanya resapan air karena ketiadaan pohon kita juga kehilangan penyimpanan air. Alhasil ketika kemarau panjang, kekeringan akan melanda yang mana di musim penghujan banjir yang berganti melanda. Sangat sulit dibayangkan bukan?

3. Binatang Kehilangan Rumahnya

Selain bencana diatas, kerusakan lingkungan akibat pepopohan dibakar atau ditebangi adalah binatang liar, termasuk yang sudah masuk kategori langka, akan kehilangan rumahnya. Jadi selain kehilangan di poin pertama, kita juga akan kehilangan hewan-hewan karena hilang habitat mereka.

4. Kualitas Udara Menurun

Manusia membutuhkan oksigen atau udara bersih untuk bernafas. Pohon membersihkan udara dari berbagai jenis polusi yang kita buat sehingga udara kembali bersih. Namun apa jadinya jika kita terus berpolusi namun tidak ada hutan yang membersihkan udara kita?

Itulah beberapa akibat atau dampak bumi tanpa pohon yang mungkin masih bisa dibayangkan. Masih banyak dampak yang mungkin akan terjadi seperti berlubangnya ozon sehingga membahayakan manusia. Oleh karena itulah, penting rasanya untuk kita mulai peduli pada isu ini.

Berbagai cara bisa dilakukan seperti menjaga lingkungan, penanaman kembali, melawan penggundulan hutan dengan aktif maupun pasif seperti meminimalisasi penggunaan kertas hingga berbagai cara lainnya bisa kita lakukan untuk masa depan kita menghindari bumi tanpa pohon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *