Lampu Lalu Lintas Gang Sempit, Kok Bisa Yah?

Umumnya lampu lalu lintas diletakkan di jalanan yang ramai agar tidak terjadi kecelakaan. Namun hal berbeda ada di sebuah gang yang terletak di dekat sebuah restoran di Praha, Ceko. Lampu lalu lintas gang sempit di Ceko ini memang berfungsi, bukan hanya sekedar hiasan saja.

Lampu Lalu Lintas di Gang Sempit Praha

Jenis lampu lalu lintas di gang sempit di kota Praha tersebut merupakan lampu lalu larang yang sering kita gunakan untuk menyeberang di jalan. Simbol orang yang sedang menyeberang dengan warna hijau atau merah. Di setiap ujung gang ada sebuah tombol untuk antri menyeberang.

Gang tersebut bernama Vinarna Certovka, namun penduduk lokal lebih mengenalnya dengan nama Mala Strana atau Little Quarter. Lokasinya sendiri berada di kawasan tertua di Praha, maka tak heran jika banyak pengunjung atau turis dan harus dipasangi lampu.

Alasan Pemasangan

Alasan pemasangan dari lampu lalu lintas di gang sempit ini adalah agar pengguna jalan tersebut tidak bertabrakan saat masuk ke dalam gang yang lebarnya hanya 50 cm dan panjangnya beberapa meter. Dengan lebar 50 cm gang tersebut hanya bisa dimasuki oleh satu orang.

Apabila dua orang masuk dari arah berlawanan, maka dapat dipastikan salah satu harus mengalah dan mundur ke arah mereka masuk. Karena memang tidak semua orang memiliki lebar yang cukup untuk saling melewati dengan lebar gang yang hanya 50 cm saja.

Kejadian Unik di Mala Strana

Beberapa kejadian unik pun pernah terjadi di gang sempit tersebut. Selain orang-orang yang seringkali bertabrakan karena terlalu fokus memotret pemandangan di kota itu, pernah ada suatu kejadian seorang pria terjepit dalam gang Mala Starana, diceritakan oleh pemilik restoran dekat situ.

Pria asal Jerman tersebut merupakan seorang turis yang ukuran tubuhnya benar-benar gemuk. Meski sudah dibantu dengan cara didorong oleh polisi ternyata tetap tidak bisa keluar hingga pada akhirnya ada insiatif untuk menggunakan sabun untuk membuat jalan keluar lebih licin dan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *