Mitos Yang Masih Dipercaya Padahal Sebenarnya Salah

Mematahkan 5 Mitos yang Masih Dipercaya

Masyarakat kita sangat kental dengan budaya daerah dan hal ini tidak berarti buruk karena menyebabkan kita kaya akan tradisi. Namun di era modern seperti ini ada mitos yang masih dipercaya turun temurun. Apa sajakah itu?

1. Buah Pisang Dihasilkan Dari Pohon Pisang

Mitos yang masih dipercaya ini merupakan mitos yang berlawanan dengan ilmu Biologi yang kita pelajari waktu sekolah dulu. Buah pisang tidak dihasilkan oleh pohon pisang, alasannya karena tanaman yang menghasilkan buah yang kaya akan potasium itu tergolong sebagai herbaceous.

Karena itu juga tanaman pisang kurang layak disebut sebagai pohon pisang, melainkan batang pisang karena batangnya berbeda dengan pohon yang mengandung lapisan kayu.

2. Manusia Punya 5 Indera Saja

Sebutannya adalah panca indera, dan apabila kita punya indera keenam maka hal tersebut dikaitkan dengan yang ghaib. Sebenarnya hal itu tidaklah sepenuhnya salah. Sebenarnya kita memiliki lebih dari 5 indera pada tubuh kita dan beberapa lainnya masih misteri, namun tidak ghaib.

Beberapa indera lainnya yang ada adalah indera untuk merasakan lapar, kepekaan kulit terhadap panas maupun dingin, kepekaan terhadap tekanan dan berbagai indera lainnya yang masih menjadi misteri bagi ilmu pengetahuan.

3.Einstein Pernah Bodoh

Eisntein dikenal sebagai salah satu manusia paling jenius yang pernah ada dan mitos yang masih dipercaya adalah dia pernah bodoh ketika kecil. Hal itu tidak benar, Einstein pernah gagal dalam sekolah karena faktor usia saja yang mana dia terlalu muda 2 tahun padahal sangat jago matematika.

4. Napoleon Bertubuh Pendek dan Gempal

Mitos yang masih dipercaya selanjutnya adalah Napoleon memiliki tubuh pendek dan gempal atau kuntet. Hal ini sebenarnya hanyalah propaganda lawan untuk menjelekkan Napoleon saja. Napoleon memiliki tinggi 170 cm sama seperti rata-rata orang Perancis.

Yang menyebabkannya terlihat pendek adalah para penjaganya yang memiliki postur tubuh lebih tinggi darinya. Dan itu dijadikan propaganda agar di pihak Napoleon kalah mental.

5. Petir Tidak Menyambar Dua Kali di Tempat Yang Sama

Mitos yang masih dipercaya selanjutnya adalah petir tidak pernah menyambar dua kali di tempat yang sama. Hal ini tentu saja merupakan mitos yang mudah dibuktikan. Lihat saja menara dengan penangkal petir yang sudah tersambar berkali-kali untuk melindungi gedung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *