Wisata Batu Pandang Dieng

Berbicara Batu Pandang di Dieng bukan tertuju pada Puncak Bukit Sikunir, namun merujuk sebuah bukit yang ada tidak jauh dari kawasan Wisata Telaga Warna. Batu Pandang ini memiliki pesona yang menarik dimana bisa melihat pemandangan Telaga Warna serta Telaga Pengilon utuh dari atas ketinggian.

Batu Pandang di Dieng ada yang menyebutnya dengan Bukit Batu Pandang Telaga Warna maupun Batu Ratapan Angin yang jadi spot dimana pengunjung bisa melihat pemandangan kawasan Telaga Warna dan Telaga Pengilon dari puncak ketinggian tanpa harus terhalang apapun.

Akhir-akhir ini nama wisata Batu Pandang Dieng ini mulai terkenal seiring tersebarnya foto indah dari Batu Pandang ini diberbagai media elektronik maupun cetak. Tahun ke tahun jumlah wisatawan yang berkunjung di Batu Pandang di Dieng terus meningkat. Hal ini menjadikan Kawasan Batu Pandang yang dulunya dipenuhi semak belukar jadi dibersihkan dan dibuatkan jalan para penduduk sekitar demi memudahkan akses.

Kendaraan bisa diparkir di kawasan Dieng Plateau Theatre lalu dilanjutkan dengan berjalan kaki dengan melewati jalan setapak yang berada di belakang bangunan. Disepanjang jalan sudah terpasang rambu-rambu penunjuk arah. Ketika melewati sebuah persimpangan jalan, terdapat rambu-rambu yang mengarahkan kita pada tangga naik menuju ke Batu Pandang di Dieng.

Kira kira ada berpuluh meter melewati jalan yang menanjak, kita akan menemukan pos retribusi masuk ke Batu Pandang di Dieng. Sepertinya retribusi Batu Pandang Dieng ini dibayarkan tersendiri dan tidak sepaket tiket terusan yang kita bayar ketika memasuki kawasan Telaga Warna.