Wisata Ala Belanda di Kampoeng Tulip

Kincir angin, kedai-kedai serta bangunan dengan gaya Belanda, serta barang-barang Negeri Kincir terdapat di Kampoeng Tulip yang letaknya di Jalan Pasir Pogor Raya Ciwastra, Kota Bandung. Semua bangunan memiliki ciri khas Belanda, seperti misalnya kincir angin, tanaman, dan berbagai kedai yang bentuknya berciri Belanda.

Pengelola wisata Kampoeng Tulip juga pernah coba menanam tulip, yang banyak sekali tumbuh di Belanda. Namun gagal karena iklim berbeda, jadi nantinya akan diadakan tulip house, dengan mengkondisikan tulip buatan meski ke depannya akan ada tulip asli dan kondisinya dikhususkan.

Di kawasan Kampoeng Tulip itu, pengunjung juga dapat menyusuri sungai memakai perahu beraneka warna. Ada juga penyewaan untuk pakaian khas Belanda dari anak hingga dewasa, dan juga galeri barang-barang antik.

Barang-barang yang adadi galeri, seperti misalnya hiasan dinding, alat rumah tangga serta furnitur, sebagian besarnya berasal dari dalam negeri. Dari luar negeri mereka memakai tisu tempel Belanda, yaitu servietten, dan selebihnya dari dalam negeri,”menurut pengelola galeri Kampoeng Tulip.

Ini baru ada penambahan fasilitas, belum berbentuk penguatan karakter, jadi harapan mereka semoga semua proses segera untuk selesai,” Mereka menambahkan bahwa pengelola juga berencana menambah fasilitas belajar untuk anak-anak di kawasan Kampoeng Tulip.

Meskipun pembangunannya belum sepenuhnya rampung, pengelola sudah membuka kawasan tersebut untuk publik. Kampoeng Tulip tiap hari buka pukul 09.00 hingga 17.00. Harga tiket masuk Rp6.000 pada hari Senin sampai Jumat dan Rp9.000 pada hari Sabtu-Minggu dan hari libur.