Tips Sehat Menggunakan Smartphone

Smartphone menjadi salah satu benda yang hampir setiap hari dan setiap saat kita gunakan. Ternyata, karena terlalu sering digunakan itulah smartphone sedikit demi sedikit memiliki dampak buruk untuk kesehatan kita. Lalu bagaimana tips sehat menggunakan smartphone? Berikut ini beberapa tipsnya,

Phone in the dark

Phone in the dark

1. Stop gunakan smartphone di tempat tidur
Berhenti menggunakan smartphone di tempat tidur akan menambah kualitas tidur anda. Cahaya biru pada smartphone membuat mata anda akan terus terjaga sehingga anda kehilangan rasa kantuk dan menyebabkan gangguan tidur.

2. Atur cahaya layar sesuai cahaya ruangan
Mengatur terang cahaya layar yang tidak terlalu terang maupun tidak terlalu redup akan menjaga mata anda untuk tetap sehat. Jika terus terusan melihat cahaya yang terlalu terang, mata akan menjadi cepat lelah dan juga berlaku apabila melihat layar yang terlalu redup.

3. Jangan tidur dengan headphone dan musik menyala
Tidur dengan headphone di telinga dan musik yang menyala lama kelamaan bisa mengurangi kualitas pendengaran anda atau lebih parah lagi menyebabkan kerusakan pada gendang telinga. Sudah ada penelitian mengenai hal ini, jadi sebaiknya anda setel timer untuk mematikan musik apabila ingin mendengarkan music sebagai pengantar tidur.

4. Atur volume headphone agar tidak terlalu keras
Alasannya hampir sama seperti nomor 3 yakni jika terlalu sering bisa merusak kualitas pendengaran anda.

Itulah beberapa tips sehat menggunakan smartphone. Kesehatan tidak ternilai harganya dibandingkan dengan harga smartphone paling mahal sekalipun, oleh karena itu gunakanlah secara bijaksana.