Tips Perawatan Kenari Agar Cepat dan Rajin Berkicau

kenariSebenarnya cara merawat burung kenari agar cepat dan rajin berkicau tergolong tidak terlalu sulit, apalagi pada saat membeli burung tersebut, anda sudah bisa memastikan jenis kelaminnya. Ya, perlu anda ketahui, suara kicauan kenari jantan akan terdengar lebih lantang dan juga merdu, oleh sebab itu bila anda ingin memiliki kenari yang kicauannya merdu, maka sebaiknya anda membeli kenari jantan.

Agar lebih perawatannya lebih mudah lagi, sebaiknya anda membeli kenari bahan yang umurnya sekitar 4 bulan, sebab pada fase tersebut sudah dapat dipastikan jenis kelamin burung kenari tersebut. Nah, bila anda sudah memastikan bahwa jenis burung kenari yang anda miliki adalah kenari jantan, maka berikut ini ada beberapa tips perawatan kenari agar cepat dan rajin berkicau :

  • Beri pakan bergizi

Beri burung kenari peliharaan anda dengan pakan bergizi yang terdiri dari campuran biji-bijian (pakan burung yang sudah dalam kemasan) dengan telur puyuh rebus dan kroto. Anda dapat menambahkan telur puyuh rebus ke dalam pakan burung kenari 2 kali seminggu saja. Selain itu, secara bergantian, pakan burung kenari anda juga dapat ditambahkan dengan tulang sotong, apel dan sawi hijau/sawi putih. Jangan lupa untuk menambahkan multivitamin agar mampu merangsang bunyi. Namun, meskipun demikian, jangan berlebihan memberikan pakan burung, sebab bila burung kenari tersebut terlalu gemuk, ia malah menjadi malas berkicau.

  • Mandikan dan jemur kenari secara rutin

Hampir sama seperti manusia, burung kenari juga perlu untuk dimandikan, agar tubuhnya tetap bersih dan segar, selain itu mandi bagi kenari juga berfungsi agar tingkat birahinya tetap stabil. Namun, sebelum dimandikan, sebaiknya angin-anginkan terlebih dahulu kenari di tempat anda biasa menjemurnya, setidaknya sebelum jam 8 pagi. Setelah itu baru kenari dimandikan dengan cara disemprot, dan kemudian jemur kenari, setidaknya 2 jam sebelum jam 10 pagi. Anda dapat memandikan kenari 2 – 3 kali seminggu, tapi usahakan untuk setiap hari menjemur burung kenari tersebut.

  • Lakukan mastering kenari

Maksudnya adalah, setelah dijemur dan diangin-anginkan lagi sebentar, maka tahap selanjutnya adalah melakukan proses mastering dengan cara masukkan kenari ke dalam kerodong dan dimaster dengan kenari yang sudah pandai berkicau setidaknya selam 2-3 jam. Hal ini berguna untuk memacu kenari agar lebih cepat berkicau dan juga agar kicauannya terdengar lebih merdu dan berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *