Tips Menyusui dan Menyimpan ASI

Banyak orang bilang, menyusui lebih murah sebab tidak perlu membeli susu formula. Namun menyusui juga dapat jadi mahal bila kita tidak cermat memilih beberapa hal berikut ini.

1. Tips Menyusui dengan memperhatikan BREAST PUMP

Harga breast pump bisa dibilang tidak murah dan dapat mencapai jutaan rupiah. Belum bila masih membeli aksesori atau spare part-nya jika breast pum rusak.

Supaya hemat:

Belajarlah memerah ASI memakai tangan. Selain tak perlu membeli breast pump, cara ini sekaligus bisa meningkatkan produksi ASI.

2. Tips Menyusui dengan memperhatilkan COOLER BAG

Selain pompa, ibu menyusui dan spesial bagi yang akan kembali bekerja pasti membutuhkan cooler bag yaitu tas dengan lapisan tahan air serta dapat menjaga suhu untuk bisa membawa ASI perah (ASIP) pulang ke rumah. Selain Cooler bag juga perlu membeli misalnya blue ice, ice gel, ice pack atau es kering fungsinya untuk mendinginkan ASIP. Selain blue ice, Kita juga perlu membeli botol khusus wadah ASIP.

Supaya hemat:

Tidak perlu untuk membeli cooler bag bermerek maupun dari brand terkenal. Yang penting, pastikan tas yang kita beli ada lapisan penahan suhu berkualitas baik serta pilih yang  besarnya sesuai dengan kebutuhan.

Sekarang ini juga sudah banyak produsen cooler bag yang lokal. Kita berhemat sekaligus juga mendukung produk-produk Indonesia. Sebelum kita membeli, bandingkan harga blue ice berdasar kapasitasnya karena sekarang ini tersedia cukup banyak merek blue ice bervariasi pula harga.