Tips Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak

inilah-cara-mengatasi-kecanduan-gadget-pada-anak

1. Membatasi penggunaan
Tips mengatasi kecanduan gadget dengan membatasi penggunaan gadget sesuai dengan rekomendasi dari kelompok umurnya.
Anak-anak berada di bawah usia 2 tahun: sebaiknya tidak dibiarkan untuk bermain gadget sendirian, termasuk juga TV, smartphone dan penggunaan tablet.
Anak-anak dengan usia 2 sampai 4 tahun: Pemakaiannya kurang dari satu jam sehari.
Usia dari 5 tahun ke atas: sebaiknya pemakaian tidak lebih dari dua jam sehari untuk melakukan penggunaan rekreasional di luar dari kebutuhan belajar.

2. Beri jadwal
Tips mengatasi kecanduan gadget dengan menjadwalkan waktu yang tepat untuk boleh bermain gadget. Di luar itu, para orangtua juga harus menyiapkan dengan kegiatan alternatif lainnya supaya anak tidak bosan dan malah beralih ke gadget lagi.

3. Jangan beri akses penuh
Tips mengatasi kecanduan gadget adalah dengan meletakkan tv atau komputer di ruang keluarga. Jadi setiap anak menggunakannya, dia tidaklah sendirian dan masih ada dalam pengawasan anggota keluarga yang lainnya. Selain itu dengan perangkat mobile juga sebaiknya tidaklah diserahkan anak sepenuhnya. Biarkan anak minta izin terlebih dahulu bila ingin menggunakannya, dan ambil lagi setelah selesai.

4. Tetapkan wilayah-wilayah bebas gadget
Tips mengatasi kecanduan gadget selanjutnya adalah membuat peraturan tidak boleh memakai gadget di tempat-tempat tertentu. Misalnya pada meja makan, di kamar tidur, dan juga di mobil.

5. Ajarkan anak pentingnya menahan diri
Tips mengatasi kecanduan gadget selanjutnya dengan memastikan untuk memberi pujian pada anak saat ia berhasil menahan diri tidak bermain game dan mengikuti aturan yang sudah ditetapkan.