Tips Mengajarkan Anak Untuk Menjaga Kebersihan

Bersih adalah sebagian daripada iman. Ucapan tersebut ternyata bukan hanya bermanfaat bagi rohani kita saja melainkan juga bermanfaat bagi kesehatan lingkungan kita. Lalu bagaimana cara mengajarkan kepada anak untuk menjaga kebersihan lingkungannya sendiri? Berikut ini adalah tips mengajarkan anak untuk menjaga kebersihan lingkungannya sendiri.

Untuk mengawali mengajarkan anak untuk menjaga kebersihan, anda bisa memulainya dnegan menjelaskan mengenai bakteri jahat yang akan menyerang kita sehingga bisa membuat kita jatuh sakit. Setelah memberikan nasehat, tentunya akan kurang lengkap tanpa adanya praktek atau tindakan mengajarkan anak untuk menjaga kebersihan lingkungannya.

tips-mengajarkan-anak-untuk-menjaga-kebersihan

Anda bisa melakukannya dengan permainan seperti menangkap sampah dan memasukkannya ke dalam tong sampah. Namun, anda pun harus menyediakan tempat sampah yang mudah dijangkau oleh anak agar mereka tidak kesulitan membuang sampahnya.

Setelah mempraktekan permainan tersebut, ajak juga anak untuk mencuci tangannya sebelum melakukan aktifitas lainnya. Dengan mengajak anak untuk selalu cuci tangan setelah membersihkan lingkungannya seperti kamarnya sendiri, maka anak akan terbiasa untuk selalu cuci tangan dan menjaga kebersihan diri.

Gunakan sabun cair pencet agar anak bisa dengan mudah mencuci tangan menggunakan sabun. Mengajarkan anak untuk menjaga kebersihan baik lingkungannya ataupun pribadinya tidak hanya dilakukan satu kali saja melainkan perlu dilakukan berulang ulag kali sehingga menjadi kebiasaan.