Tips Menekuni Industri Kreatif

Industri kreatif dilihat makin penting mendukung kesejahteraan perekonomian, banyak pihak berpendapat “kreativitas manusia merupakan sumber daya ekonomi utama” dan “industri abad dua puluh satu akan bergantung pada produksi dari pengetahuan melalui kreativitas serta inovasi.

Maraknya peluang serta banyaknya pekerja kreatif bermunculan di berbagai daerah, tentu saja membuat persaingan pasar pada industri ini makin hari semakin meningkat pesat. Oleh karenanya, Coba beberapa Tips Menekuni Industri Kreatif berikut ini:

1. Bidik target serta segmen pasar yang potensial

Tips Menekuni Industri Kreatif Pertama. Dalam menjalankan usaha, penting bagi kita menentukan target dan segmen pasar yang kita bidik. Karena, hal ini akan mempengaruhi kita saat menentukan desain produk, strategi pada pemasaran, kisaran harga, pelayanan pada konsumen, dan rencana pengembangan produk supaya lebih kreatif serta inovatif. Dan akhirnya membuat konsumen tertarik pada produk yang kita tawarkan.

2. Kenali kelebihan kekurangan produk

Tips Menekuni Industri Kreatif kedua. Sebuah usaha tentu tidak dapat terlepas dari resiko persaingan. Sebab itu, cermati kelebihan kekurangan produk dibandingkan dengan produk lain sejenis. Misalnya membandingkan desain dan kualitas produk Ada dengan kompetitor, bandingkan harga produk dengan produk serupa yang ada di pasaran, serta dan bandingkan keunikan strategi pemasaran yang dipakai para pekerja kreatif lain.

3. Jangan terpengaruh perang harga dan abaikan kualitas produk

Meski sekarang banyak pelaku usaha berlomba-lomba menawarkan harga murah dan diskon besar-besaran untuk mendapat calon pelanggan. Sebaiknya kita jangan terpengaruh. Sebab, hal ini hanya akan melunturkan ciri maupun identitas usaha karena biasanya untuk bisa menekan biaya produksi lebih murah, pelaku usaha menurunkan kualitas produk mereka. Untuk menyiasati kondisi ini, sebaiknya tingkatkanlah kreativitas dan ciptakan produk unik yang terjaga kualitasnya