Tips Menabung dengan Mudah

Kita semua mungkin pernah membayangkan nikmatnya punya banyak tabungan dan juga investasi. Sayangnya, memulai menabung itu tidak semudah membalikkan telapak tangan sebab dengan menabung berarti harus menunda kegiatan lain yang tampak jauh lebih menyenangkan. Ada beberapa Tips Menabung yang mungkin bisa diterapkan.

Tuliskan impian serta rencana jangka panjang

Tips Menabung ini dengan tuliskan impian serta rencana kita jangka panjang yang ingin dicapai. Mungkin ingin membeli rumah sendiri, menyekolahkan anak kita ke universitas favorit, atau tamasya keliling Eropa. Mengetahui yang kita inginkan jangka panjang dapat jadi motivasi kuat mendorong kita menabung. Dengan menuliskannya pada selembar kertas, kita dapat membacanya kembali ketika kita tergoda saat berhenti menabung.

Tetapkan persentase dari tabungan

Tips Menabung ini dengan Membayar diri kita sendiri dengan apa yang kita lakukan dengan cara menyisihkan persentase tertentu dari total gaji untuk ditabung sebelum membayar tagihan-tagihan yang lainnya. Cara ini bisa meningkatkan disiplin dalam menabung karena menempatkan menabung jadi prioritas dan kita bisa menyesuaikan gaya hidup kita sesuai penghasilan yang tersisa setelah untuk tabungan. Langkah ini memang tidak mudah, namun bisa sangat berguna jangka panjang. Kita dapat memulainya dengan 10% lalu meningkatkan jumlah itu dari tahun ke tahun.

Buka rekening tabungan terpisah

Tips Menabung yang selanjutnya yang bisa membantu kita dalam meningkatkan disiplin dalam menabung ialah dengan membuka rekening tabungan yang terpisah dari rekening yang digunakan dalam membayar kebutuhan kita sehari-hari. Rekening terpisah ini dapat mencegah dari memakai uang tabungan untuk keperluan lain. Selain itu, rekening yang terpisah ini juga bisa membuat kita lebih bersemangat dalam menabung setelah kita melihat tabungan bertambah besar.