Tips Memilih Smartphone Bekas, Buat Yang Ingin Ganti Perangkat Namun Ingin Tetap Hemat

Membeli sebuah perangkat bekas memang tidak ada salahnya. Selain karena bisa berhemat, belum tentu smartphone bekas memiliki kualitas yang buruk. Malahan kalau kita bisa memperoleh perangkat bekas yang berkualitas diatas 98% dengan harga yang jauh lebih murah maka jelas kita beruntung. Oleh karena itu telah kami sediakan beberapa tips memilih smartphone bekas sebelum memastikan untuk membelinya.

1. Kondisi Perangkat

Tips membeli smartphone bekas yang pertama tentu saja adalah memastikan terlebih dulu berapa persen kelayakannya. Meskipun tidak semua penjual jujur, namun setidaknya presentase kelayakan itu akan mempengaruhi berapa harga jualnya. Jika hanya sekedar goresan pemakaian saja maka okelah untuk membayar lebih. Namun jika ada kerusakan khusus maka anda harus mempertimbangkannya lagi.

2. Tahun Produksi Smartphone

Jika smartphone yang anda incar sudah berusia lama atau lebih dari 5 tahun, ada baiknya jika anda mengurungkan niat anda. Kecuali anda memang menyukainya dan lagi akan menjadikannya sebagai barang koleksi maka baiklah. Tips membeli smartphone bekas yang kedua adalah belilah yang kira kira masih bisa anda gunakan. Karena jika anda membeli perangkat yang usianya terlalu tua, maka akan ada kemungkinan tidak kompatibel dengan aplikasi masa kini.

3. Harga

Tips membeli smartphone bekas yang terakhir tentu saja dari harga. Meskipun di poin pertama tadi harga juga dipertimbangkan berdasarkan kondisi barang maka di poin ketiga ini anda harus membandingkannya dengan harga baru. Jika harga baru tidak jauh dari harga jual bekasnya, jelas akan merugikan anda. Oleh karena itu cek terlebih dahulu harga baru di pasaran terutama di sekitar tempat tinggal anda.

4. Akun dan Password

Tips membeli smartphone bekas yang terakhir dan khusus yakni pastikan semua password dan akun yang terikat dengan smartphone tersebut telah dikosongkan. Karena anda tidak ingin membeli perangkat yang suatu saat nanti terkunci karena tidak diketahui passwordnya.