Tips Jitu dalam Memilih Foundation untuk Kulit Berminyak

foundation kulit berminyakBagi anda yang memiliki tipe kulit berminyak, pasti akan merasa agak ribet dalam memilih foundation yang tepat, pasalnya bila foundation yang anda pilih tidak tepat malah akan membuat wajah terlihat belang, padahal fungsi foundation adalah untuk menyamarkan warna kulit wajah yang tidak rata. Bila anda yang sudah sering menggunakan make up mungkin tak terlalu bingung dalam memilih foudation, namun bagi pemula khususnya mereka yang memiliki kulit berminyak, kemungkinan besar mereka masih bingung dalam memutuskan jenis foundation apa yang bagus diaplikasikan ke wajah mereka. Nah, bila anda termasuk tipe yang masih bingung dalam memilih foundation, maka berikut ini ada beberapa tips jitu dalam memilih foundation untuk kulit berminyak :

Pahami jenis kulit anda terlebih dahulu

Biasanya seorang wanita mengira bahwa ia memiliki wajah yang tipe kulitnya berminyak, padahal yang berminyak hanya pada area ‘T’ saja, bila seperti itu tentunya tipe kulitnya bukan tipe kulit berminyak, dan foundation yang harus diterapkan bukan yang untuk kulit berminyak.

Pilih foundation yang tidak mengandung bahan minyak

Bila anda benar-benar sudah yakin bahwa wajah anda memiliki tipe kulit berminyak, maka pilihlah foundation yang tidak mengandung bahan minyak, caranya dengan membaca label yang tertera pada kemasan produk foundation tersebut, biasanya tulisan pada kemasannya berupa “oil-free”, “oil-mattifying”, oil-control”. Namun, biasanya pula, tulisan seperti itu hanya dapat anda temukan pada produk foundation dari brand ternama.

Sesuaikan bentuk/tipe foundation dengan keperluan anda

Ada 4 bentuk foundation yang dapat anda pilih, yaitu :

  • Liquid Foundation (Foundation Cair), bila anda tak perlu terlalu banyak mengaplikasikan foundation, maka foundation cair ini yang memang cocok untuk semua jenis kulit ini cocok untuk anda gunakan.
  • Cream Foundation, bila anda perlu menggunakan foundation dalam jumlah yang banyak, maka sebaiknya anda memilih cream foundation, namun sebaiknya anda memilih cream foundation yang berbahan dasar air.
  • Pressed Powder (Bedak Padat), bila kulit wajah anda benar-benar berminyak, maka sebaiknya gunakan saja bedak padat, sebab bedak tipe ini lebih dapat menyerap minyak.
  • Tinted Moisturizer, Bila hanya ingin menyamaratakan kulit wajah sekaligus mendapatkan moisturizer lebih banyak, maka sebaiknya anda gunakan tinted moisturizer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *