Ternyata ini Syarat Bekerja di Facebook

Di acara Mobile World Congress (MWC) di Barcelona, Spanyol, Founder jejaring Facebook, Mark Zuckerberg sempat menjelaskan hal utama yang dia cari dari seorang calon karyawan yang nantinya bekerja untuknya atau Syarat bekerja di Facebook.

Menurutnya, Syarat bekerja di Facebook, dia hanya merekrut orang yang akan bekerja langsung untuknya jika dia sendiri merasa ingin untuk bekerja bagi orang itu,” Menurut bos Facebook itu. “Ini tes yang cukuplah bagus dan ‘aturan’ tersebut telah menuntunnya.”

Salah satu orang yang telah ‘lulus’ tes Zuckerberg ini adalah sang Chief Operating Officer, yaitu Sheryl Sandberg.

Pada sesi tanya jawab forum MWC itu, ada satu orang menanyakan perasaan bekerja dengan Sandberg. Kemudian, Zuckerberg menjawab sendiri, ia melihat Sandberg jadi seorang mentor dan yang memiliki peran penting membangun Facebook dalam ranah bisnis dan suatu organisasi yang sehat.

Zuckerberg menambahkan, bila dibandingkan raksasa teknologi yang berbasis di Silicon Valley misalnya Google yang telah memiliki karyawan mencapai 55 ribu orang, jumlah karyawan Facebook tergolong kecil. Tapi, hal itulah yang jadi kelebihan dari perusahaan media social atau Syarat bekerja di Facebook.

“Hal yang paling penting ialah menjaga supaya tim Anda sekecil mungkin. Facebook sudah melayani miliaran orang di dunia namun tim kami tidak sampai 10 ribu orang. Semuanya mungkin disebabkan teknologi yang semakin canggih,” ungkap lelaki berusia 30 tahun itu. Memang tidak dijelaskan secara eksplisit dan detail mengenai Syarat bekerja di Facebook. Namun kita mungkin jadi tahu bagaimana jalan pikiran dari bos Facebook ini dalam memilih karyawannya.