Tempat Wisata Dieng Favorit

Berada pada ketinggian 2.093 mdpl, Dieng Wonosobo memiliki udara sejuk lengkap dengan kabut ketika matahari tidak muncul. Dengan kisaran suhu 15 hingga 20 derajat Celcius, Dieng Wonosobo mempunyai beberapa tempat wisata dieng favorit yang sayang sekali untuk kita lewatkan.

tempat-wisata-dieng-favorit

1. Telaga Warna
Telaga warna merupakan salah satu landmark tempat wisata dieng favorit dari wisata Dieng Wonosobo. Namanya Telaga Warna diambil dikarenakan telaga ini mempunyai warna yang berbeda-beda. Telaga Warna ini ada legenda tersendiri. Menurut legenda warga, warna yang muncul pada permukaan telaga tersebut dikarenakan zaman dahulu kala ada cincin kepunyaan bangsawan yang jatuh pada telaga tersebut. Secara ilmiah, warna berbeda dari telaga ini karena adanya pembiasan cahaya di endapan belerang di dasar telaga.

2. Bukit Sikunir
Ingin melihat sunrise? Kita bisa datang ke tempat wisata dieng favorit Bukit Sikunir. Bukit ini ialah bukit yang terkenal pada kalangan wisatawan sebagai tempat berburu sunrise. Bukit Sikunir sendiri ada di Desa Sembungan yang jadi desa tertinggi di Jawa Tengah. Warna sinar matahari yang berwarna kekuningan seperti kunir membuat masyarakat setempat menamai sikunir. Kunir sendiri bahasa Jawa dari kunyit.

3. Candi Dieng
Tempat wisata dieng favorit selanjutnya adalah Candi yang jadi sebuah simbol kepariwisataan di Dieng. Candi juga yang membuat Dieng jadi tempat yang sakral. Di sini ada banyak Candi Hindu yang tersebar di berbagai lokasi. Candi-candi yang ada di Dieng diberi nama sesuai tokoh Mahabarata. Ada Candi Bima, Arjuna, Gatot Kaca, dan lain-lain. Model bangunan candi dieng mengikuti bentuk candi India dengan ciri khas arca dan juga relief yang menghiasi bangunan candi.