Siapa Penyusun Huruf QWERTY?

Jika anda memperhatikan hal hal yang berbau mengetik di sekitar anda, bahwa susunan huruf mengetik itu adalah QWERTY bukan ABCDE seperti huruf urutan dalam alphabet. Kenapa ya? Jawabannya adalah karena memang disusun demikian yang diinisiasi Christhoper Latham Sholes kemudian disempurnakan oleh E. Remington si penyusun huruf QWERTY.

Awalnya Sholes tidak menyusun mesin ketik buatannya dengan susunan QWERTY, namun diawali dulu dengan awal – 3 5 7 9 dst dan hanya ada dua baris saja. Susunan seperti itu ternyata kurang populer dan sering menyebabkan kemacetan pada mesin ketiknya karena sering ditekan hampir bersamaan.

siapa-penyusun-huruf-qwerty

Setelah itu, Sholes menyusun susunan huruf baru yakni A E I . Y U O yang kali ini sudah terbagi menjadi 4 baris termasuk angka. Namun sebelelum disempurnakan lagi, James Densmore menjual hak paten mesin ketik Sholes & Glidden kepada E. Remington and Sons kemudian para mekanik Remington merubahnya menjadi susunan Q W E . T Y I U O P yang tidak menyertakan angka 1 dan 0.

Dengan penyesuaian lebih lanjut, mesin ketik Sholes and Glidden atau yang dikenal sebagai Remington No. 1 diproduksi dengan susunan Q W E R T Y yang hingga saat ini populer digunakan. Meskipun sebenarnya susunan QWERTY hanya dilandaskan untuk bahasa Inggris, namun banyak peneliti memodifikasinya dengan bahasa bahasa lain sehingga memiliki sedikit perbedaan terutama huruf vocal. Menarik?