Sekilas Tentang Perayaan Halloween

Di bulan Oktober ini masyarakat beberapa negara di belahan dunia barat menanti-nantikan sebuah acara tahunan yang diadakan di setiap malam tanggal 31. Yap benar, nama dari acara itu adalah Halloween. Lalu apa sih perayaan Halloween itu? Berikut ini adalah sedikit ringkasan sekilas tentang perayaan Halloween.

Malam Halloween merupakan malam 31 Oktober dimana hari perayaan untuk hari All Hallow. beberapa sumber mengatakan bahwa akar dari perayaan Halloween ini adalah perayaan panen bangsa Celtics yang berhubungan juga dengan agama Pagan. Kata Halloween sendiri dipercaya sudah ada sejak tahun 1975 yang memiliki makna Hallowed Evening atau Holy Evening yakni malam sebelum menyambut hari All Hallow.

sekilas-tentang-perayaan-halloweenHal hal yang menjadi ciri khas perayaan Halloween seperti berpakaian menyeramkan pun diduga berasal dari cerita rakyat dan kepercayaan dari bangsa Celtic. Contohnya seperti melubangi buah atau hasil panen dengan bentuk wajah yang kemudian dijadikan sebagai lentera. Festival tersebut diadakan sebagai perayaan panen oleh karena itulah mereka menghias hasil panen mereka.

Sekilas tentang perayaan Halloween lainnya seperti Trick or Treat atau datang ke rumah rumah lalu diberi permen juga merupakan budaya dari festival yang ada di Irlandia. Orang orang menggunakan kostum lalu ke rumah rumah dengan bernyanyi kemudian diberi makanan. Ada kemungkinan bahwa pakaian seram yang digunakan merupakan budaya untuk meniru Aos Si atau jiwa orang mati. Bagaimana menurut kamu? Menyeramkan?