Sejarah Group Hacker Anonymous

Anonymous, bagi kalian yang gemar bermain internet pasti pernah mengenal istilah ini. Anonymous yang merupakan kata dalam bahasa Inggris berarti tidak dikenal atau tidak diketahui identitasnya. Nama itu menjadi kode nama para aktifis di internet yang menginginkan namanya untuk tidak diketahui. Alasannya banyak, seperti tidak ingin diganggu di kehidupan nyata atau karena sudah melakukan tindakan criminal menjadi alasannya.

Sejarah group hacker anonymous yang terdeteksi adalah bermula dari sebuah situs komunitas 4chan pada tahun 2003. Tujuan dari anonymous sendiri adalah hidup anarchy yang tidak terikat pada kekuasaan apapun. Yang menjadi logo tama dari group hacker anonymous adalah lambing dunia dengan seseorang tanpa kepala namun berisikan sebuah tanda tanya.

sejarah-group-hacker-anonymousAnonymous juga dikenal dengan topeng Guy Fawkes, seorang aktifis perjuangan di Inggris yang berusaha meledakkan gedung pemerintahan. Karena ada kesamaan antara Guy Fawkes dan Anonymous yang anarchy maka digunakanlah topeng berwajah Guy Fawkes menjadi symbol bahwa dia adalah seorang anonymous.

Namun hingga saat ini belum diketahui siapa saja anggotanya, siapa pemipinnya dan bagaimana mereka merekrut anggotanya sehingga keberadaan anonymous ini antara ada dan tiada. Karena beberapa tindakan heroic anonymous, nama anonymous sering digunakan atau dimanfaatkan oleh beberapa orang yang mengaku sebagai anggota sehingga memunculkan persepsi buruk tentang anonymous.

Anonymous jarang ikut campur dalam urusan politik, namun untuk urusan data dan kebebasan anonymous bergerak cepat. Bagaimana sejarah group hacker anonymous? Cukup menginspirasi?