Ponsel Nokia Jadul ini Memang Legenda

Jika melakukan flashback ke era 1990-2000-an, saat itu belum banyak keluar HP secanggih sekarang. Paling banter hanya untuk SMS-an atau teleponan. Kualitas suara juga baru monophonic, dan yang paling bagus polyphonic. Jika dibandingin jelas kalah jauh dengan HP zaman sekarang. Tapi ada Ponsel Jadul Nokia yang menjadi legenda. Dia adalah Nokia 3310.

1. Perbaikan

Faktor ini mutlak jadi keunggulan Ponsel Jadul Nokia 3310. Selain mudah, ongkos pun murah jadi tak banyak mengurangi isi dompet. Memang Samsung Galaxy S4 ada komponen jelimet dan membutuhkan ketrampilan khusus dalam memperbaikinya. Tarif service-nya juga cukup mahal.

2. Ketahanan

Ponsel Jadul Nokia 3310 ini terkenal bandel. Dibanting, bahkan jatuh dari ketinggian tertentu juga masih aman-aman saja. Ini beda dengan Samsung Galaxy S4, jika terjatuh, dapat mengalami kerusakan serius. Parahnya, layar dapat tergores ataupun retak.

3. Baterai

Kedua ponsel tersebut memiliki ketahanan baterai yang tentunya berbeda. Samsung Galaxy S4, lengkap dengan segala fitur canggihnya yang akan menguras konsumsi dari baterai, mungkin harus diisi sampai sekian kali dalam 1 harinya. Sedangkan Ponsel Jadul Nokia 3310 bisa bertahan beberapa hari meski diisi hanya sekali saja.

4. Harga

Tentu untuk masalah harga memang sangat berbeda. Jika Samsung Galaxy terbaru atau minimal S4 harganya masih diangka 2 jutaan keatas tanpa adanya bundling atau kontrak operator. Ponsel Jadul Nokia 3310 mungkin dapat diperoleh produk produk second-nya seharga kurang dari 200 ribuan.

Untuk nostalgia dan flashback jaman dahulu dengan Ponsel Jadul Nokia seri 3310 yang menjadi legenda hingga saat ini.