Pesona Gunung Papandayan yang Memukau

Salah satu lokasi wisata di daerah Jawa Barat yang memiliki pemandangan indah dan menawan adalah Gunung Papandayan. Gunung yang terletak di Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat ini pesonanya memang sangat mengagumkan. Dengan ketinggian 2.265 meter di atas permukaan laut, tentunya gunung ini merupakan salah lokasi pendakian yang terbilang cukup ideal, meskipun terbilang tidak terlalu menantang untuk ditaklukkan, pasalnya jalur pendakiannya tergolong tidak terlalu berat. Hanya saja, ketika anda melintasi kawah Papandayan, maka anda akan merasakan aroma yang cukup menyengat.

gunung papandayan

Selain area kawah yang cukup luas, di tempat ini anda juga dapat menikmati pemandangan indah di sekitar kawah karena area tersebut dibingkai oleh hutan hijau yang terlihat sangat mempesona. Bukan hanya itu saja, di Gunung Papandayan, anda juga dapat melihat hamparan padang bunga abadi atau yang lebih dikenal dengan nama bunga Edelweis.

Hamparan bunga Edelweiss yang indah itu berada di area yang bernama Tegal Alun. Di samping pemandangan yang indah, di tempat ini pun anda dapat melihat beberapa pemandangan unik yang tampaknya akan sulit dijumpai ditempat lain, seperti kolam bekas letusan yang ada di tepi kawah dan juga kawasan hutan mati yang merupakan sebuah hutan yang terkena dampak hebat dari letusan gunung ini.

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, meskipun sebuah gunung, namun pada dasarnya jalur pendakian Gunung Papandayan ini tak terlalu terjal dan tanjakan yang ekstrem pun tergolong sedikit sehingga untuk para pemula yang ingin merasakan sensasi hiking, maka tempat ini layak untuk dijadikan sebagai pilihan yang tepat.

Karena merupakan tempat pendakian, maka di kawasan Gunung Papandayan ini juga memiliki area perkemahan yang dikenal dengan nama Pondok Salada. Area perkemahan Pondok Salada yang di Gunung Papandayan ini berupa sebuah lapangan luas yang digunakan oleh para pendaki untuk mendirikan tenda. Selain berfungsi sebagai tempat perkemahan, di area ini juga telah disediakan beragam fasilitas yang cukup lengkap untuk para pendaki, termasuk toilet dan musholla.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *