Perbedaan Komik Barat dan Komik Jepang

Bagi anda penggemar komik pasti akan menghadapi dua pilihan antara komik barat atau komik Jepang yang juga dikenal sebagai Manga. Lalu apa sih perbedaan komik barat dan komik Jepang? Mari kita cek berikut ini.

perbedaan-komik-barat-dan-komik-jepang

Warna
Kebanyakan komik Jepang hadir dengan warna hitam putih, berbeda dengan komik barat yang hadir dengan full color atau berwarna.

Cara Membaca
Cara membaca komik barat yaitu layaknya kita membaca buku yakni dari kiri ke kanan. Berbeda dengan Manga, yang dibaca dari kanan ke kiri. Hal ini beserta nomor 1 diatas menjadi poin yang paling menonjol dari perbedaan komik barat dan komik Jepang.

Teknik Menggambar
Gambar di komik barat cenderung memiliki proporsi yang sama dengan tubuh manusia sebenarnya, sedangkan komik Jepang memiliki banyak kreasi yang jauh berbeda dengan proporsi tubuh manusia. Contohnya adalah bagian mata, pada komik barat proporsi besaran mata hampir menyamai manusia asli. Sedangkan pada komik Jepang, mata pada karakter komik memiliki berbagai ukuran baik yang lebih besar dan detail maupun yang hanya berupa garis lurus saja. Namun pada era komik modern, teknik modern ini tidak lagi menjadi perbedaan karena bergantung pada ciri khas si pembuat komik tersebut.

Publisher
Komik barat memiliki jumlah publisher yang lebih sedikit, dalam hal ini ada dua yang paling besar yakni Marvel Comics dan DC Comics. Untuk Komik Jepang, publisher komiknya sangat bermacam macam seperti Shueisha, Kodansha, Kadokawa, Shogakukan, Futabasa dll

Nah, beberapa poin diatas menjadi perbedaan komik barat dan komik Jepang yang paling umum ditemui. Namun, persamaan dari kedua komik diatas adalah sekarang sama sama mulai untuk diadaptasi menjadi film real live atau real action.