Perangkat Komputer yang Perlu Kita Ketahui

Perangkat KomputerKomputer boleh dibilang hampir dikenal oleh seluruh umat bumi ini dan dirasakan kegunaannya dalam sehari-hari. Tetapi apakah anda mengetahui perangkat komputer secara lebih lanjut? Komputer mempunyai perangkat secara fisik yang kita sebut hardware atau perangkat keras. Arti dari perangkat keras yaitu bagian – bagian kecil perangkat fisik yang membentuk keseluruhan sebuah komputer. Perangkat keras komputer berbeda dengan perangkat lunak, yaitu nyata fisiknya. Perangkat keras ini tidak hanya terdapat di dalam bagian komputer, tetapi juga keseluruhan perangkat komputer yang mendukung terjadinya sebuah sistem komputer.

Berikut ulasan berbagai perangkat komputer, khususnya perangkat keras yang utama:

  • CPU ( Central Processing Unit)

CPU dapat kita katakan elemen paling utama dan vital dari sebuah komputer. Bak manusia dengan otaknya, CPU adalah otaknya sebuah komputer. CPU juga sering disebut dengan processor, sesuai dengan namanya, yaitu memproses dan menjalankan sistem data dan kerja sebuah komputer. Maka tidak heran sebuah CPU menandakan vitalitas dari sebuah komputer.

  • Memori (RAM dan ROM)

Ketika data dan informasi akan diproses oleh CPU maka dibutuhkan sebuah tampungan, entah itu sebelum maupun setelah diproses. Di sinilah kegunaan memori, tempat tampungan tersebut.

Selain informasi maupun data, memori juga menampung perintah operasional.

Memori mempunyai alamat tersendiri ketika disimpan. Alamat tersebut berupa nomor nomor yang akan menunjukan lokasi yang berada di memori.

Memori dibagi menjadi RAM dan ROM. Di mana RAM adalah Random Access Memory atau memori bagian internal, dan ROM, Read Only Memory yaitu memori bagian eksternal.

  • Hard Disk

Sudah sering kan dengar perangkat komputer yang ini? Dia adalah perangkat komputer yang menyimpan dengan kapasitas terbesar pada suatu jaringan komputer. Dengan kemajuan teknologi sebuah hard disk dapat menyimpan hingga kapasitas terabyte. Kapasitas ini juga dapat dilebihi lagi tentunya dengan kemajuan teknologi yang akan datang. (catatan: tera= 1000 giga). Di samping kapasitas, juga diperhatikan kecepatan putaran yang akan menentukan kecepatan membaca data.

  • Motherboard

Sesuai namanya, board ibu/induk, pelat yang satu ini digunakan untuk tempat melekatkan berbagai perangkat komputer lainnya. Perangkat komputer yang lainnya mempunyai colokan untuk dilekatkan pada board induk tersebut.

  • VGA

VGA adalah singkatan dari Video Graphic Array. Di sini adalah pusatnya sinyal digital yang diipresentasikan dalam bentuk gambar. VGA merupakan jembatan data digital yang akan dijadikan gambar pada Monitor.

  • Power Supply

Sesuai dengan namanya, perangkat komputer yang satu ini digunakan untuk suplai energi yang berupa listrik pada sistem komputer.

  • USB Flash Drive

Ukurannya kecil, bisa dibawa ke mana-mana, kapasitasnya cukup besar, 512MB, 1 GB, 2GB, 4GB, 8GB dst.

  • CD-R dan DVD-R hingga Blu Ray

CD-R yang disingkat Compact Disc- Recordable, dan DVD-R yang disingkat Digital Versatile Disc – Recordable merupakan perangkat komputer yang hampir sama dengan usb flash drive, tetapi diperlukan perangkat komputer lain untuk membacanya, yaitu cd/dvd/blu ray rom. Bentuknya berupa piringan yang kapasitas CD-R dapat menampung kisaran 700MB data, DVD-R setidaknya 4.7GB dan Blu Ray yang kapasitasnya sekitar 50GB.

  • Keyboard

Perangkat komputer ini adalah alat untuk input data dan operasi yang akan digunakan pada sistem komputer. Setiap tombol pada keyboard akan menjalankan data yang disalurkan pada sistem komputer.

  • Mouse

Sama seperti keyboard, tetapi input yang digunakan terbatas. Pembuatan mouse digunakan untuk membantu pengguna untuk lebih gampang berinteraksi dengan sistem komputer.

  • Monitor

Salah satu perangkat komputer yang berguna untuk pengguna agar gampang mengoperasikan/menjalankan dan mengenali sistem yang ada pada komputer. Di sini monitor akan memberikan output gambar/visual yang terjadi pada sistem komputer agar pengguna dapat dengan mudah mengenali dan melakukan sebuah proses.

  • Speaker

Seperti halnya monitor, merupakan sebuah output tetapi bedanya berupa suara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *