Penyebab Sakit Kepala

Sakit kepala adalah sebuah gangguan kondisi kesehatan berupa rasa sakit di bagian kepala seperti di bagian depan, samping maupun bagian belakang kepala. Penyebabnya ternyata sangat bermacam sehingga kita sebaiknya mencoba untuk mengerti dan menghindarinya. Lalu apa saja penyebab sakit kepala? Berikut penjelasannya.

Penyebab sakit kepala terbagi menjadi dua bagian yakni sakit kepala primer dan sakit kepala sekunder. Sakit kepala primer adalah sakit kepala yang disebabkan oleh penyakit tertentu yang menyebabkan gangguan terhadap suatu fungsi di bagian kepala seperti penyumbatan pembuluh darah, adanya gangguan otot dikepala seperti di leher.

penyebab-sakit-kepalaHal tersebut bisa menyebabkan gangguan atau perubahan aktifitas kimia yang berada di otak sehingga berakibat pada rasa pusing atau sakit kepala.

Bagian kedua adalah sakit kepala sekunder. Penyebab sakit kepala sekunder adalah kondisi atau gejala lain yang menstimulasi bagian syaraf yang mengatur rasa sakit pada otak. Beberpa contoh dari sakit kepala yang diakibatkan oleh pengaruh luar adalah seperti brain freeze atau otak yang membeku setelah makan es krim, dehidrasi, flu, panik atau tekanan psikologis lain, keracunan karbon monoksida, glaucoma, penggunaan obat yang berlebihan, minuman beralkohol dan beberapa sebab lain.

Meskipun disebut sekunder, penyebab sakit kepala ini juga tidak bisa diremehkan karena ada juga yang berkaitan dengan tumor otak. Maka jika sakit kepala anda terus berlanjut segera hubungi dokter anda untuk diperiksa keadaannya.