Pentingnya Mengkonsumsi Makanan dan Minuman Sehat

Makan dan minuman sehat sangat bermanfaat dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh. Mengkonsumsi makan dan minuman yang menyehatkan secara rutin merupakan gaya hidup yang hendaknya diterapkan oleh setiap orang yang ingin memperoleh tubuh yang sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Makan dan minum sehat diidentikkan dengan beragam kandungan bermanfaat yang ada di dalamnya. Sebuah makanan dikatakan sebagai makanan sehat jika di dalamnya terkandung gizi seimbang dan beragam zat-zat bermanfaat yang diperlukan oleh tubuh seperti vitamin, karbohidrat, mineral, protein, dan hanya mengandung sedikit lemak tak jenuh. Sedangkan sebuah minuman dikatakan sebagai minuman sehat jika mengandung oksigen tinggi seperti air putih dan juga vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh.

Beberapa Contoh Makanan dan Minuman Sehat

1.Buah-buahan

buah buahanBuah-buahan merupakan salah satu contoh makanan dan minuman sehat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh karena banyak mengandung air serta berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Contoh buah-buahan tersebut seperti apel, semangka, buah naga, sirsak, jeruk, pepaya, dan yang lainnya.

Cara mengkonsumsi buah-buahan tersebut bisa dengan memakannya secara langsung setelah dikupas dan dibersihan terlebih dahulu, atau dengan membuatnya menjadi jus baru diminum.

2.Sayur-sayuran

Sayur-sayuran juga merupakan salah satu jenis makanan dan minuman sehat yang hendaknya dikonsumsi secara rutin jika ingin mendapatkan tubuh yang sehat. Sayur-sayuran secara umum banyak mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Contoh sayur-sayuran tersebut seperti brokoli, kangkung, bayam, wortel, dan yang lainnya.

Cara mengkonsumsi sayur-sayuran tersebut dengan cara memakannya setelah dimasak terlebih dahulu sampai matang. Sebagian dari sayur-sayuran tersebut bisa diminum dalam bentuk jus, contohnya wortel.

3.Sari kurma

Sari kurma termasuk salah satu minuman sehat yang mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Sari kurma berbentuk cairan karena merupakan ekstrak dari buah kurma dan dikonsumsi dengan cara diminum dengan aturan tertentu. Sari Kurma mengandung banyak vitamin, mineral, kalsium, zat besi, sulfur, tembaga, potassium, fosfor, mangan, serta magnesium. Mengkonsumsi Sari Kurma secara teratur setiap hari termasuk dari bentuk makanan seimbang.

Inilah beberapa contoh makanan dan minuman sehat. Tentunya masih banyak lagi jenis makanan dan minuman menyehatkan lainnya yang tidak saya sebutkan. Jagalah kesehatan anda dengan menerapkan gaya hidup sehat seperti berolahraga dan mengkonsumsi makanan dan minuman sehat secara teratur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *