Pariwisata dengan Kereta Api? Sepertinya Menarik

Mengetahui Perkeretaapian Indonesia menjadi Peradaban Bangsa penting. Karena kereta api ini memegang peranan yang penting dalam perkembangan peradaban. Jalur-jalur kereta api yang dibangun di masa lalu pada pusat-pusat perkebunan di Jawa.

Jika ada perkebunan di sana dipastikan ada jalur kereta api. Umumnya wilayah di sekitar jalur kereta api itu berkembang jadi daerah yang ramai bahkan jadi kota. Dengan adanya stasiun, akses menuju suatu wilayah jadi terbuka dan perekonomian rakyat meningkat.

Stasiun kereta api sangatlah berpotensi jadi wisata kereta api sejarah. Sekaligus membawa wisatawan menuju tempat-tempat bersejarah yang terdapat di Pulau Jawa. Setiap stasiun kereta api ada ciri khas tersendiri. Misalnya seperti Stasiun Beos, yang sudah jadi objek wisata tersendiri.

Minat masyarakat terhadapt cagar budaya di Indonesia tinggi sejak 2004. Masyarakat mulai join pelestarian dan mengunjungi stasiun. Hal ini sebagai industri sangatlah bagus pada sektor pariwisata.

Setiap stasiun yang dibuat bangsa Belanda ada ciri tersendiri. Karena itu, masing-masing wisata kereta api menawarkan wisata berbeda-beda sebab tampil dalam keindahan arsitektur yang beragam.

Belum lagi untuk local content-nya. Stasiun itu tak bisa lepas dari kehidupan yang terdapat di sekitarnya. Jadi setiap daerah memiliki kuliner khasnya, ada objek wisata lainnya. Jadi ini wisata kereta api plus plus. Semua stasiun juga bisa dilengkapi dengan papan informasi tentang masing-masing cagar budaya itu.

Akan dijelaskan cerita dan sejarahnya. Papan informasi diletakkan dekat loket. Bahkan beberapa stasiun pun saat ini sudah ada museum sendiri.