Para Ninja Ternyata Bermarkas di Kota ini

Ninja, pasti yang ada pada bayangan kita adalah serial kartun Ninja Hantori yang booming di tahun 1990-an. Kartun ini bahkan jadi tontonan wajib di saat weekend. Bicara tentang ninja, ternyata ada satu kota di Jepang yang jadi Markas Para Ninja agen rahasia ini. Namanya adalah Kota Iga atau di bahasa Jepang disebut juga Iga-Shi.

Markas Para Ninja ini terletak di daerah Prefektur Mie, para pengunjung nantinya diajak untuk melepaskan penasarannya pada sosok ninja. Kota Iga dulunya merupakan tempat berdirinya beragam perguruan di akhir abad ke-11. Salah satu perguruan paling populer di sini ialah Iga-Ryu.

Ketika kita tiba di kota Markas Para Ninja ini akan disuguhkan dengan suasana kota yang kental ornamen ninja. Salah satu yang dapat dilihat adalah sebuah desain kereta atau Iga Railway yang penuh aneka gambar unik dan lucu tentang ninja. Bahkan loker untuk penitipan barang di stasiun juga tidak luput dari dekorasi ala ala ninja.

Sejarah tentang ninja bisa kita temulan di Museum Iga Ninja-ryu. Di sini kita bisa mempelajari bermacam hal tentang ninja mulai dari senjata yang digunakan, kebiasaan sehari-hari para ninja, kemampuan ninja dalam meramal cuaca, hingga pakaian yang seringkali digunakan para ninja. Kita juga bisa menyewa pakaian ala ninja sekedar untuk berfoto dengan harga sewa sebesar 1.080 yen atau dalam rupiah sekitar Rp 100 ribu.