Objek Wisata di Kulon Progo

Kulon Progo nama sebuah kabupaten terletak di Provinsi Yogyakarta. Letak Kabupaten ini di sebelah barat Kota Yogyakarta. ini memiliki ibu kota yaitu di Wates. Ada beberapa destinasi wisata di Kabupaten ini. Seperti Beberapa Objek wisata di Kulon Progo berikut ini:

1. Pantai Glagah

Objek wisata di Kulon Progo yang sudah terkenal ialah Obyek wisata Pantai Glagah. Pantai Glagah sendiri merupakan satu pantai yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia yang ada di Kulon Progo. Lokasi pantai tersebut adalah sekitar 40 km apabila dari Kota Yogyakarta dan jika dari Wates jaraknya hanya 15 km. Wisata pantai di ini sangat potensial untuk dikembangkan lebih lanjut lagi. Pantai Glagah selalu banyak dikunjungi wisatawan baik mancanegara ataupun lokal terutama ketika musim liburan tiba.

2. Pantai Trisik

Objek wisata di Kulon Progo Pantai Trisik di Kulon Progo adalah pantai yang terkenal menghadirkan pemandangan alamnya yang berupa hamparan pantai luas dengan pasir berwarna hitam. Pantai Trisik dibatasi muara Sungai Progo, salah satu sungai yang ada di Yogyakarta. Pantai ini ada banyak perahu nelayan, karena sejak dulu dijadikan sebagai transit perahu oleh nelayan warga setempat. Di saat-saat tertentu kita bisa menyaksikan secara langsung aktivitas para nelayan ini.

3. Pantai Congot

Objek wisata di Kulon Progo Pantai Congot. Pantai ini letaknya berdampingan dengan Glagah, jadi apabila kita sudah sampai di Pantai Glagah baiknya kita juga sekalian berkunjung ke Pantai Congot. Pantai Congot ada di Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kulon Progo, Yogyakarta. Salah satu yang mencolok dari Pantai Congot ialah di pantai ini jadi pusat kegiatan nelayan warga setempat.

4. Waduk Sermo

Waduk Sermo adalah salah satu Objek wisata di Kulon Progo Yogyakarta. Waduk Sermo berada di atas perbukitan yang ada di Desa Hargowilis, Kokap, Kulon Progo. Waduk tersebut memiliki pemandangan yang indah dan udara yang sejuk jadi sangat menarik wisatawan untuk datang mengunjungi. Waduk Sermo dibangaun dengan tujuan utama mendukung usaha pertanian di Kulon Progo. Obyek wisata Waduk ini diresmikan Presiden Soeharto pada 20 November 1996. Dikarenakan memiliki pemandangan indah Waduk Sermo lalu dikembangkan jadi obyek pariwisata yang menarik.