Objek Wisata Air Waduk Gajah Mungkur

Waduk Gajah Mungkur di wonogiri sangatlah multiguna, artinya sangat dimanfaatkan baik oleh masyarakat disekitar wilayah waduk gajah mungkur tersebut. Waduk gajah mungkur terletak sebelah selatan kota wonogiri sekitar 3 Km dan bila dari arah Solo juga di sebelah selatan kota Solo. Jika ingin menuju ke waduk gajah mungkur sebaiknya memakai kendaraan pribadi ataupun sepeda motor, karena jalan yang akan dihadapi adalah naik dan berkelok-kelok.

Waduk Gajah Mungkur ini dikatakan jadi waduk multiguna, karena waduk ini dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk keperluan irigasi sawah lahan pertanian mereka, digunakan juga sebagai karamba yang dikelola memberdayakan ikan, dan sebagai aliran sumber energi untuk PLTA di Kabupaten Wonogiri, lalu obyek waduk gajah mungkur ini dimanfaatkan sebagai obyek wisata air.

Obyek wisata Waduk gajah mungkur sangat indah jika dinikmati dari dekat, pengelola wisata mengelola serta memberikan fasilitas pada setiap para pengunjung diantaranya; adalah perahu boat yang dapat dimanfaatkan para pengunjung untuk keliling waduk gajah mungkur.

Selain itu, di Waduk Gajah Mungkur para pengunjung juga bisa menikmati fasilitas olahraga gantung (gantole) jadi para pengunjung dapat berolahraga sambil menikmati akan keindahan waduk gajah mungkur. Saat musim kemarau tiba, air waduk menyusut, nah hal ini dimanfaatkan oleh warga yang berada di sekitar untuk menanam tanaman semusim, contohnya tanaman jagung. Untuk berfoto ria juga amat cocok apalagi sewaktu sunset maupun saat sunrise.