Obat Sakit Perut secara Tradisional

sakit perutSakit perut merupakan salah satu gejala yang menunjukkan bahwa ada yang tidak beres dengan sistem pencernaan. Ada beragam jenis sakit perut, mulai dari mulas karena diare, konstipasi (sembelit), sakit maag, dan lain sebagainya. Biasanya orang cenderung meremehkan sakit perut yang mereka derita, padahal sakit perut terkadang juga dapat menjadi penyebab gejala penyakit parah lainnya, mulai dari penyakit yang berkaitan dengan empedu, usus, hati, ginjal hingga paru-paru. Oleh sebab itu bila anda merasakan sakit perut yang tidak kunjung membaik, meskipun sudah diobati dengan menggunakan obat sakit perut biasa yang dapat dibeli di apotek ataupun obat tradisional, maka segeralah memeriksakan kondisi anda tersebut ke dokter.

Biasanya, bila tidak ditemukan hal lain yang mencurigakan, maka dokter akan memberikan resep obat yang mengandung antasida yang berfungsi sebagai penetralisir asam lambung. Hal tersebut disebabkan karena obat yang mengandung antasida dapat meredakan segala bentuk gangguan pencernaan.

Namun, bila anda juga ingin menggunakan obat-obatan herbal, maka berikut ini ada beberapa obat sakit perut secara tradisional yang dapat anda coba untuk terapkan :

  • Kunyit

Kunyit dapat digunakan sebagai obat diare dengan cara menumbuk ½ jari rimpang kunyit, ½ sendok teh rasuk angin, 3 biji ketumbar, 1 lembar daun tawas, dan buah kayu ules. Setelah semua bahan ditumbuk, rebus dan saring kemudian minum dua kali sehari, setiap pagi dan sore.

  • Akar bunga teratai

Cuci bersih 50 gram akar bunga teratai dan 10 gram jahe, kemudian blender kedua bahan tersebut dan peras dalam gelas. Minum air perasan campuran akar bunga teratai dan jahe tersebut tiga kali sehari pada pagi, siang sore atau saat anda akan tidur malam.

  • Daun delima putih

Giling 5 gram daun delima putih segar, 6 gram buah jambu biji, dan 2 gram rimpang temugiling kemudian rebus dalam 110 ml air matang hingga mendidih. Kemudian air rebusan bahan-bahan tersebut diminum setiap satu kali dalam sehari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *