Obat Herbal Asam Urat

obat-tradisional-asam-uratAsam urat merupakan jenis penyakit yang menyerang persendian khususnya persendian pada jari kaki, jari tangan, siku, pergelangan tangan, lutut serta tumit. Nyeri pada persendian tersebut bila tidak segera diatasi, lama kelamaan akan meradang dan membuat bagian yang diserang terlihat bengkak.

Penyakit ini disebabkan zat purin yang berlebihan pada manusia, zat tersebut diolah tubuh menjadi asam urat, nah bila asam urat kadarnya berlebih maka ginjal tak lagi dapat mengeluarkannya sehingga asam urat akhirnya mengumpul di persendian dan hal tersebut yang menyebabkan nyeri pada persendian. Selain lewat bantuan medis, asam urat juga dapat diatasi dengan beragam obat herbal asam urat yang terbuat dari bahan-bahan alami, seperti berikut ini :

Jahe

Jahe memang dikenal sebagai salah satu rempah khas Indonesia yang kaya akan manfaat, termasuk menjadi obat herbal untuk membantu menyembuhkan asam urat. Cara penggunaanya pun cukup mudah, anda tinggal siapkan 2 jahe yang masing-masing sebesar ibu jari, potong-potong dan kemudian sedikit diremukkan. Selanjutnya rebus potongan jahe tersebut dengan 1 gelas air dan tambahkan sedikit gula dan juga madu murni (bila ada). Minum rebusan air jahe tersebut setiap hari.

Jus lemon

Lemon yang dijadikan jus dapat meransang tubuh agar dapat memproduksi zat kalsium karbonat yang berguna untuk menetralkan asam urat.

Cuka madu

Cuka madu dapat memberikan suasana basa dalam tubuh, sehingga mampu menetralkan zat asam yang ada di dalam tubuh. Bukan hanya itu saja, cuka madu juga dapat memudahkan ginjal untuk mengeluarkan zat asam urat sekaligus menghancurkan zat asam urat yang sudah mengkristal sehingga zat tersebut tidak terkumpul di persendian. Biasanya cuka madu sudah dikemas dalam kemasan produk herbal bernama propolis.

Kumis kucing dan Meniran

Dua jenis tanaman herbal ini mengandung beragam zat diantaranya seperti kalium, damar, tanin, filatin, hipoflavin, dan flavonoid. Zat-zat tersebutĀ  sangat membantu dalam pengobatan asamĀ  urat. Selain itu, khusus untuk tanaman kumis kucing, mengandung senyawa osthosiponin glikosida yang mampu membuang kelebihan asam urat yang ada di dalam tubuh. Untuk menggunakan cara ini, anda hanya perlu menyiapkan 5 lembar daun kumis kucing dan juga 5 batang kecil tanaman meniran, rebus dengan 3 gelas air, hingga tersisa setengah gelas. Minum air ramuan tersebut 2 kali sehari.

Cengkeh

Cengkeh dapat menjadi obat herbal untuk dioleskan pada bagian sendi yang sakit akibat asam urat. Cara penggunaannya, tumbuk cengkeh dan juga jahe dengan takaran 1:1 setelah itu oleskan secara rutin pada bagian sendi yang sakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *