Michelin Star, Penghargaan Tertinggi Restoran

Tahu tentang nama Michelin? Yak, bagi anda yang punya hobi mengenai otomotif atau berhubungan dengan balap membalap pasti kenal dengan merk ban Michelin. Lalu apa hubungannya dengan restoran? Michelin Star merupakan penghargaan pada restoran yang berkualitas dan baik di seluruh dunia. Lalu kenapa dari perushaan ban? Sejarahnya sangat panjang dimana pada tahun 1900 perusahaan Michelin hanya membuat guidebook tentang perjalanan di Prancis namun pada tahun 1929 Michelin mulai mengirimkan agennya untuk ke restoran dan menilai kualitas restoran tersebut.

michelin-star

Michelin memberikan hingga 3 Michelin Star kepada sebuah restoran yang penilaiannya dilakukan secara sembunyi sembunyi. Akan ada dua staff Michelin yang akan menyamar dan datang ke restoran sebagai tamu lalu memesan makanan. Kedua staff ini akan menilai segala sesuatunya mulai dari pintu masuk, pelayan, penyajian makanan sampai keduanya pergi yang menurut majalah Forbes ada 800 kriteria yang dinilai. Untuk penghargaannya pun bertingkat, Michelin Star yang pertama berarti pantas untuk anda sejenak berhenti dan menikmati hidangan dengan standar tinggi.

Bintang yang kedua berarti merupakan restoran yang pantas untuk dikunjungi kembali bahkan ketika anda sudah berjalan melewatinya karena menyajikan hidangan yang spesial. Sedangkan restoran yang sudah mendapatkan 3 Michelin Star berarti merupakan restoran yang sangat pantas untuk anda jadikan tujuan untuk waktu santap anda yang berkualitas. Tapi jangan salah, penghargaan tersebut bisa saja sekali sekali dicabut jika ternyata restoran tersebut telah kehilangan profesionalitas dan kualitasnya. Indonesia sendiri sudah punya satu restoran loh yang memiliki 1 bintang Michelin, yakni restoran Mozaic Bali. Menarik?