Merintis Usaha Kuliner dari Memilih Menunya

Saat kita memulai usaha kuliner baik itu restoran, katering maupun kafe, salah satu hal yang penting dilakukan ialah merencanakan menu dengan matang. Dari memilih menu yang tepat, bisnis kuliner bisa mudah mengorganisir waktu untuk memasak, suplai makanan, hingga proses belanja dan pemesanan bahan makanan serta tentu saja anggaran. Berikut beberapa tips Merintis usaha kuliner dari memilih menunya.

Tentukan dulu Faktor Ketersediaan Bahan Baku

Saat Merintis usaha kuliner, Jika kita membuka usaha ikan bakar, lihat apakah penjual ikan terdekat dapat menjadi suplier tetap jenis-jenis ikan yang kita berencana sajikan. Restoran besar pasti memiliki modal dalam mengimpor bahan makanan eksklusif maupun langka, tapi restoran baru sebaiknya tak nekat mencoba melakukan hal ini.

Tentukan dulu Konsep Restoran serta Pelanggan Potensial Anda

Selama Merintis usaha kuliner biasanya melihat hal ini. Restoran yang buka umum dan didatangi beragam jenis pengunjung pasti berbeda dengan kafe  modern. Restoran mewah memiliki bangunan eksklusif akan memiliki jenis menu berbeda dengan kafe tenda yang dirancang untuk kumpul-kumpul remaja. Pastikanlah konsep ini sudah dibuat dengan matang sebelum kita merencanakan menunya.

Perkirakan juga Lama Tiap Menu Dimasak

Saat Merintis usaha kuliner ada hal yang mungkin terlewat. Ada jenis makanan dengan persiapannya cukup lama serta menyita waktu sebab harus dilakukan dengan teliti, ada yang mudah tapi waktu memasaknya cukup lama, serta ada yang bisa dimasak dengan waktu singkat. Pastikan kita mengetahui lama waktu untuk persiapan dan pemasakan tiap-tiap pilihan menu ini sebelum mulai menetapkannya jadi menu. Dengan begitu, kita akan mudah dalam menentukan waktu persiapan.