Mengenal tentang Kebiri Kimia

DPR sudah mengesahkan Perppu bernomor 1 tahun 2016 mengenai perlindungan anak jadi undang-undang. Dalam undang-undang baru tersebut, salah satu hukuman untuk pelaku kekerasan seksual ialah kebiri kimia. Namun, apa si kebiri kimia itu?

Menurut Nugroho Setiawan, dokter spesialis andrologi Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati, Jakarta. Kebiri kimia merupakan penyuntikan zat anti-testosteron dalam tubuh pria fungsinya menurunkan kadar hormon testosteronnya, yang sebagian besar diproduksi oleh sel lydig dalam buah zakar.

Testosteron sendiri adalah hormon yang perannya beragam fungsi, salah satunya fungsi seksual. Ini berarti, hormon testosteron ada pengaruhnya pada gairah seksual pria dan membantu penis pria bisa ereksi,” menurut dokter Nugroho.

Dalam kebiri kimia dengan masuknya zat anti-testosteron dalam tubuh, menurut dokter Nugroho, otomatis membuat gairah seksual pria menurun. Ketika zat anti-testosteron disuntikkan dalam tubuh, zat itu akan memicu reaksi berantai pada otak dan testis.

Kematian Yuyun, seorang siswi SMP yang diperkosa serta dibunuh di Bengkulu, jadi salah satu pemicu penerbitan dari Perppu Perlindungan Anak yang memuat hukuman kebiri kimia pada pelaku kekerasan seksual.

Produksi testosteron 95%-nya asalnya dari sel lydig pada buah zakar pria. Pemicu supaya testosteron diproduksi ialah hormon luteinizing yang dikeluarkan oleh kelenjar hypophysis anterior pada otak. Zat anti-testosteron yang membendung kelenjar di otak supaya tidak memproduksi hormon yang memicu produksi testosteron.

Itulah penjelasan singkat mengenai kebiri kimia yang dilakukan pemerintah guna menekan pelaku kekerasan seksual pada anak.