Mengenal Jenis Manga, Komik Dari Jepang

Manga adalah komik yang dibuat di Jepang atau dibuat dengan bahasa Jepang. Meskipun hanya sekedar komik, di Jepang manga dianggap sebagai salah satu jenis karya seni yang menjadi khas bagi negara Jepang. Sebelum berlanjut untuk mengenal jenis manga Jepang, sebelumnya kita kembali dulu ke asal muasal manga.

Catatan sejarah tentang manga menyebutkan bahwa manga sudah ada sejak abad ke 12 yang terlihat dari sebuah gulungan dengan gambar yang menunjukkan cerita mengenai sebuah kisah secara berurutan. Sedangkan era manga modern dianggap dimulai sejak tahun 1945.

mengenal-jenis-mangaJenis manga dibagi menjadi lima, yakni Shonen, Shojo, Seinen, Josei dan Kodomomuke. Kelima jenis tersebut bukanlah genre, jenis tersebut masih akan diikuti genre seperti action, romance atau komedi dll. Pembagian jenis tersebut berdasarkan gender pembaca serta umurnya.

Shonen umumnya ditujukan untuk anak laki laki dibawah 15 tahun, Seinen ditujukan pada umur laki laki yang lebih dewasa yakni berumur 15 sampai 24 tahun, sedangkan Shojo dikhususkan untuk perempuan sebagai sisi lain dari Shonen. Selanjutnya untuk Josei yang merupakan tingkatan selanjutnya dari Shojo yang diarahkan untuk pembaca wanita dewasa yang menginginkan cerita yang lebih berat dan dramatis.

Untuk Kodomomuke merupakan manga yang dikhususkan untuk pembaca anak anak yang bertujuan untuk mengajarkan nilai moral dan impian. Pembagian jenis manga ini juga diaplikasikan ke anime karena kebanyakan anime diadaptasi dari manga.