Mbah ini Berjualan di Gunung Lawu

Mbok Yem ini merupakan penghuni gunung yang ada di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur berketinggian 3.265 mdpl. Mbok yem nama aslinya Wakiyem telah tinggal menetap di Gunung Lawu semenjak tahun 1980-an.

Tempat tinggalnya bukan dilereng maupun kaki gunung tapi tinggal di pondok yang terletak beberapa meter saja dari Puncak Hargo Dumilah, Puncak tertinggi dari Gunung Lawu. Tak hanya tinggal saja namun Mbok Yem berjualan makanan dan minuman untuk memanjakan para pendaki.

Menurut Mbok Yem, Ia sudah menetap dan berjualan di Gunung Lawu yaitu pecel, gorengan semenjak tahun 80-an. Meski kondisinya sudah tak fit namun Mbok Yem masih dapat menjawab pertanyaan.

Gunung lawu ini memang menyediakan semuanya dan jadi ladang untuk mengais rizki bagi Mbok Yem. Dalam berjualan di Gunung Lawu penghasilan sendiri Mbok Yem yaitu memiliki rumah mewah di Kecamatan poncol, Kabupaten Magetan. Menurutnya, Orang mengira dia hanya punya gubuk reyot tersebut. Namun dibawah (Kecamatan Poncol) dia punya rumah mewah. Semua itu adalah hasil berjualan di Gunung Lawu.

Setelah ditinggal meninggal suaminya, Mbok Yem sukses jadi Ibu bagi keempat orang anaknya. Menurutnya ada anaknya yang jadi lurah di Gresik serta dua anaknya menjadi pengusaha di Boyolali dan Solo. Dan satunya, Saelan memilih untuk menemaninya berjualan di Gunung Lawu.

Anak-anak dari Mbok Yem sudah pada jadi orang semua. Ada yang menjadi lurah dan pengusaha. Bahkan anaknya Saelan atau cucu Mbok Yem ini sudah ada yang jadi sarjana. Total Mbok Yem ini sudah punya 12 cucu.