Mari Mengenal Penyakit Bursitis

Salah satu dari penyakit yang seringkali dialami oleh masyarakat adalah Penyakit bursitis. Bursitis adalah inflamasi (peradangan) di kantung cairan sendi yang akan menimbulkan rasa nyeri pada bagian yang mengalaminya. Kebanyakan Penyakit bursitis terjadi di sendi bahu, siku, serta lutut.

Istilah dari bursitis mengacu peradangan pada daerah bursa. Bursa ini dalam kondisi normal bisa membantu pergerakan dua tulang dengan sendi supaya bisa bergerak sesuai dengan keinginan. Bila terjadi inflamasi di tempat itu, maka beragam pergerakan akan terbatas serta nyeri pun akan timbul.

Gejala dari Penyakit bursitis akan menyebabkan bagian sendi yang mengalami jadi bengkak. Rasa sakit bila digerakkan, warnanya kemerahan, terasa kaku di bagian sendi, dan bagian yang terkena akan jadi sulit bergerak. Pasien terkadang juga disertai dengan panas badan menunjukkan tanda inflamasi yang sedang berlangsung.

Penyakit bursitis ini disebabkan aktivitas berulang dan berlebihan dan juga adanya penekanan di daerah tertentu secara berlebihan, seperti melempar bola pada baseball, aktivitas mengepel terus menerus berlutut di lantai.

Pada tahap awal Penyakit bursitis bisa diobati dengan beristirahat, kompres menggunakan es selama 10 menit, dan dengan menaikkan bagian yang terkena jadi lebih tinggi dari dada. Jika kondisi lanjut, maka perlu obat – obat untuk menghilangkan rasa sakit dan antibiotik dalam mencegah risiko infeksi yang bisa timbul dari bursitis. Jika Penyakit bursitis parah, maka perlu pembuangan dari bursitis dengan operasi yang dilakukan dokter.