Manfaat Puasa bagi Jantung dan Mata

Manfaat dari menjalankan puasa baik wajib (ramadhan) ataupun yang sunnah (senin dan kamis) bukan sekedar omong kosong dengan tidak ada bukti nyata. Dari segi kesehatan fisik saja, ada organ atau bagian tubuh dari manusia yang mendapatkan manfaat puasa dengan nyata. Organ penting tersebut misalnya mata, jantung, kulit, serta lambung. Namun pada kali ini kita akan membahas manfaat bagi Jantung dan mata.

1. Manfaat puasa baik untuk organ jantung

Dalam kondisi normalnya, jantung berdenyut hingga 80 kali per menit dan 115.200 kali tiap harinya. Pada awal kita menjalankan puasa ada penurunan jumlah denyut jantung di satu menitnya yaitu kurang dari 60 kali.

Penurunan tersebut memang berpengaruh pada metabolisme darah di tubuh. Tapi pada hari-hari selanjutnya, 60 denyutan per menit sepanjang hari sewaktu berpuasa tak menimbulkan efek dan pengaruh sama sekali di tubuh manusia.

Dalam satu hari ada 24 jam, jantung hemat 28.800 denyut yang artinya mendapat waktu istirahat yang tak pernah diperoleh sewaktu hari-hari biasa. Setidaknya ada tiga manfaat yang diperoleh jantung dari aktifitas berpuasa :

  • Dapat melawan tekanan-tekanan yang dialami organ jantung.
  • Dapat memberikan kesempatan untuk jantung beristirahat.
  • Dengan berpuasa darah jadi steril, jantung akan memperoleh pasokan darah bersih.

2. Manfaat puasa bisa mempertajam pandangan mata

Khusus untuk penderita rabun, puasa bermanfaat untuk membuat pandangan mata jadi lebih tajam, penglihatan jadi lebih jelas dan juga jernih. Menurut hasil riset para ahli, orang memiliki masalah penglihatan akan ada peningkatan ketajaman yang cukup segnifikan setelah mereka menjalani puasa.