Manfaat Mengukus Makanan, Kurangi Goreng Gorengan Ya

Mana yang lebih anda suka? Digoreng, dibakar, direbus atau dikukus? Jika anda memilih makanan yang dikukus maka anda memilih jenis makanan yang sehat. Berikut beberapa manfaat mengukus makanan sebagai cara pemrosesan makanan. Penasaran? Yuk disimak dan bisa diterapkan nanti.

1. Menjaga Tekstur dan bentuk

Manfaat mengukus makanan yang pertama adalah menjaga tekstur dan bentuk makanan kita. Hal ini tentunya akan membuat makanan lebih terasa seperti aslinya.

2. Menjaga warna dan rasa

Manfaat mengukus makanan yang kedua adalah menjaga warna serta rasa dari makanan. Misal kita mengukus sayuran, warna atau rasanya tidak akan berbeda jauh dari sebelum dimasak. Hal ini akan membuat bahan makanan terlihat lebih menarik untuk dinikmati terutama untuk anak anak.

3. Menjaga Vitamin dan Mineral

Vitamin dan mineral adalah zat yang mudah larut dan hilang. Oleh karena itu untuk menjaga zat zat yang terkandung dalam sayuran adalah dengan memgukusnya. Itulah manfaat mengukus makanan yang baik untuk kesehatan.

4. Tanpa Minyak

Manfaat mengukus makanan yang terakhir adalah dengan mengukus anda tidak membutuhkan minyak sama sekali sehingga konsumsi lemak anda yang terkandung dalam minyak juga akan berkurang. Hal ini tentunya baik untuk mereka yang sedanag berusaha untuk diet.

5. Untuk Hampir Semua Makanan

Manfaat mengukus makanan yang terakhir adalah hal ini bisa dilakukan untuk hampir semua jenis makanan.