Makanan dan Minuman Sehat untuk Penderita Diabetes

makanan sehat

Seperti yang kita tahu untuk makanan dan minuman sehat, biasanya untuk menjaga kestabilan gula darah yang dimiliki oleh para penderita diabetes maka salah satu caranya adalah dengan menjaga pola makan dan pantang beberapa jenis makanan tertentu yang memang tidak bagus untuk mereka konsumsi. Nah, bila anda termasuk penderita diabetes, namun masih cukup bingung dalam menentukan makanan dan minuman sehat seperti apa yang baik untuk anda konsumsi, maka anda dapat membacanya dalam ulasan singkat berikut ini.

Banyak ahli gizi yang menyatakan bahwa makanan dan minuman yang baik untuk dikonsumsi para penderita diabetes sebaiknya mengandung empat nutrisi sehat, yaitu serat, asam lemak omega3, kalsium dan vitamin D, contohnya seperti :

Kacang

Senyawa yang dikandung kacang dapat membantu anda untuk merasa kenyang, menjadikan gula darah lebih stabil dan bahkan mampu membantu untuk menurunkan kolesterol. Selain itu kacang juga merupakan salah satu sumber protein nabati yang cukup baik.

Salmon

Ikan salmon memang terkenal sebagai ikan yang sangat berguna untuk meningkatkan kesehatan manusia, pasalnya ikan ini kaya akan asam lemak omega 3, lemak sehat yang mengurangi resiko penyakit jantung, mengurangi peradangan, bahkan mampu meningkatkan resistensi insulin, yang tentunya membuat ikan salmon sangat cocok untuk dikonsumsi penderitas diabetes..

Kurma

Buah kurma dapat dikatakan sebagai camilan sehat bagi penderita diabetes, selain mengandung serat, kurma juga kaya akan antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Sedangkan untuk minuman sehatnya, sebaiknya selain mengkonsumsi air putih yang banyak, para penderita diabetes juga perlu untuk mengkonsumsi beberapa jenis minuman berikut ini :

Susu

Susu cenderug dapat berguna sebagai sumber energi yang baik, namun bagi mereka yang sudah obesitas, sebaiknya perlu untuk memperhitungkan kandungan kalori yang ada pada susu, sebagai alternatif mereka dapat mengkonsumsi susu skim yang cenderung mengandung setengah kalori dari susu.

Jus Buah

Jus buah biasanya dianggap sebagai pilihan minuman sehat, namun perlu dicatat bahwa jus buah juga memiliki kandungan karbohidrat yang relatif tinggi. Meskipun mengandung karbohidrat yang relatif tinggi, namun jus buah tidak perlu harus dihindari seratus persen, khususnya bila anda ingin melakukan olahraga, sebab dengan berolahraga, maka hal tersebut dapat mengimbangi kenaikan kadar gula darah yang diakibatkan oleh jus buah. Untuk memastikan agar anda mendapatkan nilai gizi yang baik dari jus buah, maka pastikan anda mengkonsumsi jus buah tanpa gula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *