Liburan Ke Cirebon? Sebelum Pulang Mampir Sini Dulu

Sudah pernah ke Cirebon? Kalau liburan ke Cirebon, jangan dulu buru-buru pulang. Coba dulu satu wisata kuliner nikmat Nasi Jamblang Pelabuhan ini. Mungkin ini adalah harta tersembunyi Nasi Jamblang. Nasi Jamblang Pelabuhan merupakan legenda di Cirebon, tapi turis lebih banyak tahu Nasi Jamblang Mang Dul serta Nasi Jamblang Ibu Nur.

Salah satu sebabnya, iyalah mungkin karena Nasi Jamblang Pelabuhan yang letaknya tak di pusat kota seperti saingan-saingannya. Seperti dilihat dari namanya, tempat ini ada di samping pintu Pelabuhan Cirebon. Letaknya ada diantara markas polisi air serta gerbang waterpark Cirebon Waterland.

Jika liburan ke Cirebon, dan mampir ke sini. Jangan bayangkan sebuah restoran. Akses masuknya tersembunyi serta terselip dibalik gapura pelabuhan. Ini seperti memanfaatkan lahan tidur yang ada di pelabuhan. Entah seperti apa awal ceritanya, yang jelasnya tempat ini telah ada sejak tahun 1990-an.

Perbedaannya dengan macam Nasi Jamblang lainnya, Nasi Jamblang Pelabuhan menggunakan nasi panas. Sedangkan umumnya lainnya memakai nasi yang sudah dibungkus daun jati. Di sini untuk daun jati tetap jadi alas nasi namun bukan pembungkusnya. Untuk sebagian orang, makan menggunakan nasi panas memang nikmat sekali.

Pilihan menu sama. Ada tempe, tahu sayur maupun goreng, pepes, paru, usus, perkedel, ada sambel, ikan asin, telor dadar yang dibelah 4, semur daging maupun ati dan yang paling khas adalah sate kentang serta blakutak alias cumi namun dimasak dengan tintanya. Bagaimana? Mau coba liburan ke Cirebon?