Komputer Terkecil di Dunia Ternyata Seperti ini

Ukurannya ini memang kecil. Bahkan bisa dibilang sangat kecil untuk ukuran suatu perangkat komputer. Tapi memang begitulah wujud dari komputer terkecil di dunia yang disebut dengan Michigan Micro Mote tersebut.

Perangkat komputer terkecil canggih ini adalah hasil kerja keras peneliti di Jurusan Ilmu Komputer dari Universitas Michigan yang sudah bekerja lebih dari satu dekade. Kerja keras dari mereka membuahkan sebuah hasil melalui perangkat super kecil dengan memiliki kemampuan komputasi ini.

Bagaimana tidak, dengan ukuran komputer terkecil yang hanya 2 mm. Benda ini juga tak membutuhkan catu daya untuk tambahan sebab sumber dayanya diperoleh hanya dari sel sel surya yang jadi media sumber dayanya. Sementara untuk kemampuan dasarnya, bisa untuk membaca suhu, membaca tekanan dan mampu merekam gambar.

Para peneliti tersebut mengatakan bahwa komputer terkecil ini sebenarnya dapat diaplikasikan untuk bisa menemukan benda-benda yang sering kali hilang.’ Lantaran benda ini dapat ditempelkan di dompet ataupun benda lainnya. Bila hilang, maka akan mudah kita dalam menemukannya kembali menggunakan bantuan deteksi komputer terkecil ini.

Selain itu, komputer terkecil ini juga dapat diaplikasikan dalam suatu bidang medis bahkan untuk industri.

Di bidang medis, disebutkan juga bahwa ini bisa dapat untuk mendiagnosa kondisi kesehatan dari seorang pasien. Sementara untuk bidang industri, komputer micro ini dapat digunakan di sebuah tempat pertambangan untuk bisa mendeteksi sumber-sumber minyak.

Mereka juga mengatakan bahwa ini bukanlah suatu hasil akhir dari proyek mereka. Karena ke depannya, mereka memiliki rencana untuk menciptakan komputer yang bahkan lebih kecil lagi dibanding dengan komputer terkecil ini.