Kista Ovarium Saat Hamil? Ini Sebabnya

Sebelum tahu penyebab kista ovarium, sebaiknya kita memahami lebih dahulu apa kista. Kista adalah penyakit yang seringkali dialami wanita yang masih muda maupun yang telah menikah dan sering membuat wanita khawatir terutama ketika dalam kehamilan.

Kista sendiri adalah penyakit tumor jinak yang menempel di indung telur. Bentuknya seperti kantung berisi cairan dan terus membesar jadi ‘bantalan’ empuk ketika terjadi ovulasi. Kista ini ada dari proses pelepasan sel-sel telur ovarium yang tak sempurna. Beberapa faktor yang bisa memicu munculnya kista ialah sebagai berikut.

Faktor Keturunan

Penyebab kista ovarium yang pertama ialah adanya faktor bawaan atau genetik. Jika Ibu maupun nenek pengidap kista dan sudah pernah mengalami kasus penyakit sama, maka kemungkinan besar kista ada karena faktor genetik. Bibit kista berkembang pada ibu maupun nenek sebelumnya dapat diwariskan pada anak atau cucunya.

Pola Hidup tak Sehat

Pola hidup yang tak sehat juga jadi faktor penyebab kista ovarium. Salah satu yang jadi pengaruh besar pada perkembangan kista ialah makanan yang berlemak tinggi serta kurang serat. Makanan dengan serat tinggi memang penting bagi kesehatan sebab mampu mengoptimalkan kerja tubuh dan memberi nutrisi.

Infertilitas

Penyebab kista ovarium selanjutnya adalah faktor infertilitas atau ketidaksuburan rahim. Ketidaksuburan ini menyebabkan wanita jadi sulit hamil meski melakukan hubungan suami istri 2-3 kali seminggu tanpa menggunakan alat kontrasepsi.

Umumnya, infertilitas ini terbukti setelah lebih setahun wanita yang sudah menikah tak kunjung hamil. Jika mengalami gagal hamil lebih dari setahun, kemungkinan hal ini disebabkan adanya bantalan kista di indung telur jadi proses pembuahan tak berjalan dengan semestinya.