Kisah Lawang Sewu Yang Kini Berbeda

Apa kesan yang pertama kali anda rasakan ketika mendengar kata Lawang Sewu? Mungkin kesan mistis dari nama Lawang Sewu ini memang akan membuat bulu kuduk anda berdiri. Lawang Sewu adalah bangunan peninggalan Belanda.

Awalnya digunakan sebagai kantor perkereta apian hingga berubah menjadi gedung pemerintahan. Pada masa penjajahan Jepang inilah fungsi Lawang Sewu ini berubah menjadi penjara dan pembantaian baik orang Belanda maupun orang Indonesia.

Konon ada putri pejabat Belanda yang hendak diperkosa oleh tentara Jepang, dia menolak dengan cara gantung diri di sebuah pohon yang berada di tengah bangunan Lawang Sewu. Tidak hanya itu saja, bak penyimpanan air dibawah gedung yang berfungsi sebagai pendingin ruanganpun difungsikan sebagai penjara bawah tanah oleh tentara Jepang, baik penjara jongkok maupun penjara berdiri.

kisah-lawang-sewu-yang-kini-berbedaNamun lama kelamaan kesan mistis dari Lawang Sewu mulai berubah. Cahaya indah selalu terpancar dari bangunan megah itu dan pengunjung dari berbagai daerah datang untuk melihat keindahannya. Setelah mengalami beberapa pemugaran, banyak ruangan menjadi terawat dan kembali indah dengan adanya koleksi singkat mengenai sejarah Kota Semarang.

Keramaian serta keindahan dari Lawang Sewu ini sedikit demi sedikit menghapus citra bahwa Lawang Sewu merupakan tempat horror. Namun menjadi tempat indah bersejarah yang layak untuk dikunjungi saat berada di Kota Semarang.