Kenali Penyakit Langka Berikut ini

Tiap akhir Februari diperingati jadi Hari Penyakit Langka, sejak 2008. Tapi di Indonesia, hari penyakit langka ini pertama kali diperingati 28 Februari 2016 yang dipelopori Indonesia Rare Disorders, kelompok dukungan bagi keluarga dengan anak-anak dengan penyakit langka. Secara umum, penyakit langka adalah penyakit yang memiliki jumlah penderita yang sangat sedikit. Beberapa penyakit langka yang mungkin saja kita temukan:

1. Penyakit langka Mikrosefali

Mikrosefali merupakan kondisi sangat langka dan bisa terlihat langsung ketika bayi lahir atau saat dalam kandungan. Dengan mikrosefali, otak tak dapat berkembang baik, atau berhenti tumbuh sama sekali. Akibatnya, pada kepala bayi akan lebih kecil dari ukuran kepala bayi normal ketika lahir.

2. Penyakit langka Progressive Multifocal Leukoencephalopathy

Penyakit langka ini adalah sebuah penyakit virus langka menyebabkan peradangan di bagian tertentu pada otak. Virus JC merupakan virus yang menyebabkan penyakit ini. Meski penyakit ini sangat langka, tapi, pasien dengan defisiensi imun akan memiliki risiko lebih besar dalam mendapatkan penyakit ini. Setidaknya satu dari iap 200.000 orang bisa terserang kondisi tersebut.

3. Penyakit langka Sindrom Landau Kleffner

Sindrom Landau Kleffner ini merupakan salah satu bentuk epilepsi yang bisa mempengaruhi kemampuan seorang anak untuk memakai bahasa. Biasanya, penderita akan mengalami uatu aktivitas otak yang abnormal dan seringnya saat tidur. Kebanyakan yang mengalami sindrom ini juga akan kejang. Kondisi nya ditandai dengan kesulitan saat berperilaku dan interaksi sosial pada masa anak-anak.