Kenali Jenis Hardisk Laptop Berikut ini

Harddisk merupakan salah satu komponen komputer dengan fungsi sebagai tempat untuk menyimpan data. Hardisk yang ada di dalam komputer/ laptop disebut dengan HDD internal sedangkan hardisk yang ada diluar disebut dengan HDD Eksternal. Ada Macam-Macam Jenis Hardisk Laptop misalnya berikut ini:

1. Jenis Hardisk Laptop ATA (Advance Technology Attachment)

AT Attachment (ATA) merupakan antarmuka standar dalam menghubungkan peranti penyimpanan layaknya hard disk, drive CD-ROM, maupun DVD-ROM di computer. Standar ATA ini dikelola komite bernama X3/ INCITS T13. ATA ini juga memiliki nama lain, misalnya IDE dan ATAPI.

2. Jenis Hardisk Laptop SATA (Serial Advance Technology Attachment)

SATA merupakan pengembangan dari ATA. SATA ini didefinisikan sebagai teknologi yang sudah didesain untuk menggantikan ATA total. Adapter serial ATA bisa mengakomodasi untuk transfer data dengan kecepatan lebih tinggi dibanding dengan ATA sederhana. Antarmuka dari SATA generasi pertama dikenal dengan SATA/ 150 atau sering disebut sebagai SATA 1. SATA 1 ini berkomunikasi kecepatannya 1,5 GB/s.

3. Jenis Hardisk Laptop SCSI (Small Computer System Interface)

Jenis SCSI (Small Computer System Interface) ini adalah standar yang dibuat demi keperluan untuk transfer data antara komputer dan juga periferal lainnya. Standar SCSI ini mendefinisikan perintah-perintah, protokol serta antarmuka elektrik dan juga optik yang diperlukan. SCSI sendiri menawarkan kecepatan transfer data paling tinggi diantara standar lainnya. Penggunaan SCSI ini paling banyak ada di hard disk dan tape drive. Tapi, SCSI juga ada pada scanner, printer, dan optik (DVD, CD, dan lainnya).