Keindahan Goa Jatijajar Kebumen

Kebumen adalah sebuah kabupaten yang memiliki pesona wisata yang perlu untuk di jelajahi. Meski tempat – tempat wisata yang ada di kebumen belum banyak dikenal tetapi, tempat – tempat wisata yang ada di kebumen sangatlah layak untuk dikunjungi.

Salah satu yang wajib dikunjungi adalah Goa Jatijajar di Kebumen. Goa ini memiliki sejumlah misteri serta sejarah yang sangat layak kita perbincangkan. Banyak keistimewaan Goa Jatijajar di Kebumen, dalam Goa ada sungai yang masih aktif, ada juga sendang, sendang kantil dan sendang mawar. Pada kedua sendang itu konon jika ada yang membasuh muka pada sendang tersubut, maka orang itu akan awet muda.

Goa Jatijajar di Kebumen ini berada di kaki pegunungan kapur memanjang dari utara dan ujungnya ada diselatan menjorok ke laut jadi sebuah tanjung. Objek wisata yang sangat menarik. Seperti tempat yang lainnya, Goa Jatijajar menyimpan juga legenda.

Menurut cerita, Goa Jatijajar ini dulunya adalah tempat bersemedi Raden Kamandaka, yang lalu mendapatkan wangsit. Cerita Raden Kamandaka dikenal juga dengan legenda Lutung Kasarung. Visualisasi cerita rakyat itu dapat kita lihat pada diorama yang terdapat didalam goa.

Objek wisata Goa Jatijajar di Kebumen sangatlah identik dengan wisata budaya, karena ada hubungannya dengan cerita Raden Kamandaka yang seorang putera mahkota kerajaan Pajajaran dan bernama asli Banyak Coro atau juga Banyak Cakra, yang mungkin lebih terkenal dengan legenda Lutung Kasarung.

Di Goa Jatijajar di Kebumen ini juga dapat digunakan jadi bahan pembelajaran sejarah untuk para pelajar supaya lebih mengenal serta mencintai alam dan budaya Nusantara.