Kebun Gizi ini Mungkin bisa Jadi Inspirasi Sehatmu

Demi bisa mengajak warga gemar dengan makan sayur dan juga buah, RZ alias (Rumah Zakat) di Kabupten Kediri menyulap suatu gang sempit tepatnya di wilayah Dandangan jadi sebuah Kebun Gizi. Gang Jatayu dengan panjangnya sekitar 50 meter ini sekarang mulai dihiasi beragam jenis sayuran serta hiasan mural warna-warni.

“Awalnya kami berpikir dan cari cara tentang bagaimana si agar warga tahu mengenai program Kebun Gizi yang sedang bergulir. Kebetulan di wilayah kami ada satu gang yang tidak jauh dari jalan raya dan seringkali dilalui warga. Lalu munculah ide untuk coba mengubah gang itu dari hanya sekadar jalan jadi sebuah Kebun Gizi,” menurut Hana, fasilitator ICD Dandangan.

Walau banyak hambatan yang dialami selama proses pengerjaannya, Hana mengaku usaha yang dilakukan tidak sia-sia. Setelah menelurkan inovasi baru untuk bisa mengembangkan Kebun Gizi, sekarang ini makin banyak warga yang tertarik dalam menanam sayuran bergizi di rumahnya.

“Sudah dimulai banyak warga yang minta bibit tanaman. Semoga untuk ke depannya warga Dandangan makin tertarik dalam membuat Kebun Gizi, jadi mereka tidak akan kesulitan lagi untuk bisa makan buah dan sayur dengan rutin sebab tinggal petik di kebun miliknya sendiri,” katanya.

Hana juga berharap dengan banyaknya warga yang mulai untuk tertarik menanam sayur juga ikut tertarik dalam mengembangkan bank sampah yang saat ini tengah berjalan di wilayah itu. Jadi selain menjalankan suatu pola hidup sehat, mereka juga bisa menambah penghasilan melalui bank sampah, dan hasil lainnya lingkungan di wilayah itu bisa semakin bersih dan sehat.