Kebiasaan Penyebab Diabetes

Penyakit gula atau lebih dikenal dengan diabetes adalah penyakit yang erat kaitan dengan naiknya kadar gula darah di tubuh manusia. Diabetes merupakan kondisi dimana kadar gula di makanan sulit dikonversi oleh tubuh jadi zat lain yang bermanfaat bagi tubuh sebab produksi insulin sedikit. Penyebab diabetes umumnya diketahui masyarakat ialah faktor genetika atau juga keturunan. Namun perlu kita ketahui bahwa selain karena faktor genetik, ada beberapa kebiasaan penyebab diabetes.

Senang mengemil yang jadi kebiasaan penyebab diabetes

Pada umumnya ngemil makanan ringan apalagi manis-manis adalah kegiatan yang menyenangkan. Makanan ringan misalnya keripik, biskuit, roti dan lain sebagainya memiliki kandungan yang bisa menaikkan kadar gula pada darah. Kegiatan buruk ini yang jadi penyebab diabetes yang paling mengkhawatirkan.

Bukan cuma menyebabkan hormon insulin mesti bekerja dengan keras, aktivitas tersebut juga bisa menyebabkan penyakit lainnya misalnya obesitas, serangan jantung serta kolesterol. Supaya kegiatan ngemil jadi sesuatu yang menyenangkan tapi tetap sehat, kita bisa mengganti dengan buah-buahan.

Merokok jadi kebiasaan penyebab diabetes

Sebagian masyarakat mungkin memiliki pikiran bahwa merokok cuma membahayakan paru-paru, jantung maupun penyebab impotensi. Padahal, kebiasaan buruk merokok ini juga bisa menjadi penyebab penyakit diabetes. Mengapa? Hal ini disebabkan rokok juga bisa membahayakan organ hati serta pankreas, yang hormon insulin yang diperlukan tubuh untuk bisa mengubah gula sendiri diproduksi oleh kelenjar pankreas.

Meminum teh manis juga jadi kebiasaan penyebab diabetes

Teh manis bila diminum dengan benar bisa menyehatkan tubuh. Tapi jika terlalu berlebihan, dalam mengonsumsi teh manis dapat menjadi bumerang tersendiri bagi mereka yang ada riwayat penyakit diabetes.